Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

42%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.7%

0%

Disindir Jokowi, Surya Paloh Santai Sebut NasDem dan PDIP Bersahabat

21
0

JAKARTA – Guyonan Presiden Joko Widodo yang menyindir pertemuan antara Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman, menarik banyak perhatian. Bahkan, NasDem disebut-sebut akan mengambil sikap sebagai oposisi. Namun, hingga kini belum ada pernyataan tegas terkait hal tersebut.

Paloh sendiri dengan santai membantah reaktif menanggapi guyonan Jokowi. Menurutnya, tidak mungkin dirinya reaktif dengan pernyataan presiden.

Justru, kata Paloh, partainya menawarkan alternatif pikiran-pikiran yang menjadi referensi baru. Seperti diketahui, Presiden Jokowi dalam acara HUT Partai Golkar pada Rabu (6/11) lalu, sempat bercanda terkait suasana hati Surya Paloh yang gembira usai bertemu Presiden PKS.

Paloh memang pernah merangkul dan berpelukan dengan Sohibul Iman di kantor DPP PKS. Rangkulan tersebut direspons oleh Jokowi. Paloh menegaskan tidak pernah menanggapi ucapan Jokowi soal rangkulannya dengan Sohibul Iman tersebut.

“Indonesia terkenal budaya sopan santun dan ramah tamah. Sehingga kalau direstorasi dan diperkuat, tidak ada salahnya. Kalau Pancasila kita anggap emosional, siapa yang tidak marah. Pancasila alat pemersatu dan ideologi bangsa,” ujar Paloh di sela-sela Kongres Ke-8 Partai NasDem di JI Expo, Jakarta, Sabtu (9/11).

Dia juga meminta agar parpol lain tidak curiga atas langkah silaturahmi yang dilakukannya. Paloh menegaskan pertemuan dirinya dengan Presiden PKS didasari niat yang baik.

“Kalau semua hal dilakukan dengan niat baik dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka akan membawa manfaat bagi bangsa. Pikiran-pikiran besar harus ditawarkan terus menerus. Bukan introvert, membawa masalah, sentimental, prasangka macam-macam. Tidak boleh begitu,” paparnya.

Paloh menyatakan partai pancasilais adalah partai yang bisa bersikap rendah hati dan merangkul semua teman.

Terkait hubungannya dengan PDIP, Paloh yakin partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu tidak tersinggung. Alasannya, PDIP adalah sahabat NasDem.

“Nggaklah. Saya yakin PDIP tidak tersinggung. PDIP kan sahabat. Kita bersahabat dengan semuanya. Untuk apa saling menyinggung,” tutur dia.

Menanggapi hal itu, politisi PDIP Andreas Hugo Pareira menilai ucapan Paloh terlalu emosional. Yang mengomentari rangkulan Paloh dengan Sohibul adalah Jokowi dalam kapasitas sebagai presiden. Kepala negara berharap, usai pembentukan kabinet, partai pendukungnya tetap solid. Meski ada yang menganggap komposisi kabinet tak sesuai harapan.

“Reaksi Pak SP (Surya Paloh, Red) terhadap sindiran Presiden menurut saya, terlalu emosional. Membawa diskursus seolah persoalan rangkulan ini masuk dalam wilayah ideologis partai pendukung Jokowi-Ma’ruf,” ujar Andreas di Jakarta, Sabtu (9/11).

Wasekjen DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan tidak ada yang mencurigai rangkulan Paloh dan Sohibul Iman. Namun, Baidowi menekankan agar Paloh tidak bersikap reaktif.

“Tidak ada kok kecurigaan apa pun dari Pak Jokowi kepada Surya Paloh yang berangkulan dengan Sohibul Iman,” kata Baidowi.

Ketua Bidang Kehormatan Partai DPP PDIP Komarudin Watubun menilai ucapan Paloh sebagai bukti kedewasaan dalam berpolitik. Dia mengatakan, selama tak melanggar etika, apa pun sah-sah saja dilontarkan.

“Saya kira itu sebuah tradisi yang baik. Tradisi yang semakin mencerminkan kedewasaan berpolitik. Jadi sepanjang pantun-pantun, berbalas pantun itu tetap ada dalam koridor etika dan norma budaya kita, saya kira tidak masalah,” kata Komarudin.

Menurutnya, perubahan sikap elite politik merupakan hal biasa. Seperti halnya Partai Gerindra yang merapat ke koalisi pemerintah. Terkait perubahan itu, biar rakyat yang menilai.

“Kita tahu Pak Prabowo saat Pilpres berhadapan dengan Pak Jokowi. Namun, sekarang mereka bisa bersatu dalam pemerintahan. Silakan saja. Informasi semakin terbuka, tingkat kecerdasan juga semakin tinggi. Biarkan rakyat yang menilai,” ucapnya. (rh/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.