Diskominfo Kota Tasik Bantu Informasikan Penanganan Covid-19

58
0
PODCAST MELAWAN COVID. Kepala Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya H Asep MP (kiri) menjadi narasumber Podcast Radar Tasikmalaya Melawan Covid-19 di Graha Pena Radar Tasikmalaya, Kamis (17/12). Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya

TASIK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tasikmalaya turut membantu program pencegahan Covid-19. Mereka mempublikasikan dan menginformasikan kebijakan Satgas Covid-19 dan Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam penanganan Covid-19 kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya H Asep MP mengatakan pihaknya terus membangun komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui media sosial dan media massa. Itu agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

”Kita membantu Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk memberikan berbagai informasi seputar update penanganan Covid-19 atau sebaran kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya agar masyarakat patuh dengan protokol kesehatan serta bisa tersampaikan secara luas, dengan cepat, dan akurat kepada masyarakat,” kata Asep saat Podcast Radar Tasikmalaya Melawan Covid-19, Kamis (17/12).

Pihak juga mempunyai situs resmi media informasi dan koor­dinasi penanggulangan Corona Kota Tasikmalaya/MiKotas Media Infomasi Covid-19 Kota Tasikmalaya. Ino­vasi berbasis teknologi ini bisa menginformasikan kebi­jakan Satgas Covid-19, informasi vaksin, dan pence­gahan Covid-19 lainnya.

Baca juga : Pilbup Tasik, Iwan Minta Semua Menahan Diri

“Dengan masyarakat bisa mengakses di mikotas.tasikmalayakota.go.id bisa mengetahui penanganan hingga informasi update kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya,” ujarnya.

Isinya di MiKotas Media Infomasi Covid-19 Kota Tasikmalaya, pertama, statistik yang menjelaskan tentang menginformasikan kejadian terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya, kedua, grafik komulatif yang berisi kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya dan sebaran kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

“Ketiga, ada donasi penya­luran berhubungan dengan jumlah penerima dan pengeluaran alat pelin­dung diri sebagai pena­nganan Covid-19 di Kota Tasik­malaya. Keempat, infor­masi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan ter­akhir, pelayanan informasi kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19,” kata dia membeberkan.

Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya juga membantu proses belajar dan mengajar yang lebih efisien, inovatif dan dinamis dengan aplikasi Ayo Belajar. Itu agar aplikasi itu berjalan lancar, pihaknya pun sudah mengadakan bimbingan teknis kepada perwakilan sekolah se-Kota Tasikmalaya yaitu guru SD/SMP sederajat.

“Aplikasi ini bisa memberikan alternatif untuk memaksimalkan belajar daring. Pemanfaatannya bisa mengunjungi laman ayobelajar.tasikmalayakota.go.id,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Asep mengajak semua pihak untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan hand sanitizer atau sabun dan menjaga jarak. Penerapan 3 M juga dilaksanakan di perkantoran di Kota Tasikmalaya.

Adapun soal vaksinasi yang akan dilak­sana­kan pemerintah, Asep menjelaskan saat ini, pihaknya memonitor perkembangan dari pemerintah pusat. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.