Diskon Tol Dipatok 15 Persen

38
0

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno memastikan Jalan Tol Trans Sumatera siap melayani masyarakat pada momentum Lebaran 2019. Sejalan dengan itu, Asosiasi Tol Indonesia (ATI) akhirnya memutuskan untuk memberikan diskon sebesar 15 persen pada periode mudik dan balik lebaran tahun 2019. Diskon ini berlaku merata di semua ruas jalan tol di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Rini saat melakukan perjalanan dari Lampung menuju Palembang yang dikemas dalam acara “Tour Perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang”. Rini juga mengungkapkan secara keseluruhan, Jalan Tol Bakauheni-Kayu Agung sudah siap untuk dilalui para pemudik pada libur Lebaran minggu depan.

Sementara itu, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo menjamin keamanan para pengendara yang melintasi Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung karena rambu-rambu dan lampu penerangan jalan sudah dipasang dengan cukup, khususnya di daerah-daerah rawan kecelakaan.

Sarana pelayanan lalu lintas juga telah dipersiapkan dengan prima di setiap ruas. “Kami telah menyiapkan total 18 mobil patroli, 26 mobil derek, 10 mobil ambulans, 6 mobil penyelamat dan 14 mobil PJR (patroli jalan raya) yang siap memastikan keamanan dan keselamatan para pemudik,” terangnya.

Asosiasi Tol Indonesia (ATI) akhirnya memutuskan untuk memberikan diskon sebesar 15 persen pada periode mudik dan balik lebaran tahun 2019. Diskon ini berlaku merata di semua ruas jalan tol di Indonesia.

Seluruh operator jalan tol atau dikenal dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang berada di bawah naungan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) sepakat memberikan potongan harga pada 3 hari sebelum puncak arus mudik dan 3 hari selepas puncak arus balik. Sesuai perhitungan pemerintah, puncak arus mudik diperkirakan jatuh pada tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2019. Diskon tarif akan berlaku pada tanggal 27 Mei 2019 pukul 00.00 WIB hingga 29 Mei 2019 pukul 23.59 WIB. Sementara pada arus balik yang diperkirakan dimulai pada 7 hingga 9 Juni 2019 diskon akan diberlakukan pada tanggal 10 Juni 2019 pukul 00.00 WIB hingga 12 Juni 2019 pukul 23.59 WIB.

Ketua ATI Desi Arryani berharap dengan konfigurasi tanggal di atas, beban arus mudik yang diperkirakan paling banyak dipikul oleh jalan tol akan lebih terdistribusi. Mendorong para pemudik untuk berangkat lebih awal dan kembali lebih akhir. “Apalagi saat ini Jalan Tol Trans Jawa sudah tersambung kami memperkirakan volume lalu lintas akan naik signifikan,” ungkapnya kemarin (24/5).

Desi mengatakan diskon tarif tol yang sepenuhnya merupakan inisiasi dari ATI merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol serta mendistribusikan lalu lintas agar tidak menumpuk di sejumlah tanggal tertentu.

Selain itu, menurut Desi, diskon tarif tol juga diberikan agar masyarakat yang melakukan perjalanan untuk melakukan silaturahmi pada periode mudik dan balik Lebaran dapat menjadi lebih mudah dan murah dalam perjalanan ke kampung halaman.

Desi juga menyampaikan bahwa diskon 15 persen untuk perjalanan menerus dalam satu cluster Tol Trans Jawa yang diberlakukan di beberapa ruas sejak tanggal 23 Mei 2019 dihentikan. (tau/ful/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.