Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.5%

7.4%

70%

Diskusi Pengembangan Bakat dan Komunitas Dari Perspektif Media untuk Kemajuan Daerah, Begini Kata Para Pembicara..

144
0
radartasikmalaya.com
Para pemateri diskusi ikatan alumni akutansi FE Unsil, Minggu (13/09) siang. rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Ikatan Alumni Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi (Unsil) menghelat forum diskusi dengan tema “Pengembangan Bakat Komunitas dan dari Perspektif Media untuk Kemajuan Daerah” di Sawala Heritage Center Kota Tasikmalaya, Minggu (13/09) siang.

Diskusi yang dihelat di rumah sejarah pembentukan Kota Tasik ini, menghadirkan pembicara-pembicara tingkat nasional.

Yaitu, Penemu Talents Maping Abah Rama Royani, Ketua Ikatansi ASN dan Akuntan Publik Dr H Kurniawan serta Direktur Teknik LPP TVRI periode 2013-2017, Ir Syafrullah.

“Kita terlahir sudah diberi potensi sama Allah. Jadi kalau Anda tak sukses berarti salah sendiri. Karena potensi itu harus tergali secara optimal dan selaras dengan pekerjaan saat ini yang ditekuni,” ujar Penemu Talents Maping, Abah Rama Royani.

Terang dia, jika tak selaras berarti Anda yang telah bekerja misalnya di bidang tertentu tak kunjung sukses maka harus segera mencari pekerjaan lain yang cocok dengan potensi Anda.

“Kan banyak juga kuliah jurusan A, kerja jurusan C. Ini yang harus diubah. Maka jika pekerjaan Anda cocok saat ini tapi berbeda dengan keilmuan Anda saat kuliah, maka itu salah jurusan,” terangnya.

Sementara itu Direktur Teknik LPP TVRI periode 2013-2017, Ir Syafrullah menuturkan, zaman saat ini di era digital jika sumber daya potensi manusia tergali optimal tinggal melangkah kepada penggalian potensi daerah.

“Digital sudah tersedia lengkap, tinggal bagaimana memanfaatkannya. Sebab, dengan kondisi digital saat ini bisa, contohnya kita bisa menciptakan membangun wisata desa, bukan desa wisata,” tuturnya.

“Kalau desa wisata bisa dibuat di mana saja lokasinya, tapi wisata desa hanya ada di lokasi itu saja potensinya dan tak ada di tempat lain. Kuncinya bagaimana mengekspos dan mengeksplornya. Salah satunya seperti di Toraja. Di Tasik ada potensi itu,” sambungnya.

Sedangkan Ketua Ikatansi ASN dan Akuntan Publik, Dr H Kurniawan menjelaskan, penggalian potensi daerah saat ini bisa dilakukan secara optimal dengan rumus pentahelik.

“Rumusnya ABCGM. Akademisi, Bisnis, Comunity, Govermant, Media. Jika itu sudah dikuasai maka kolaborasikan dengan pelayanan yang baik dan pendekatan performance dinamis,” tambahnya.

Jelas dia, dalam pentahelik penggalian potensi daerah ini ada unsur penyelenggaraan pemerintahan yang terlibat dengan menggulirkan transparansi yang tak kebablasan dan terkontrol.

“Lalu gulirkan juga akuntanbilitas. Artinya ini harus jadi agent of trust. Yaitu menjadi tulang punggung kepercepayaan di semua lapisan. Makanya perlu optimalisasi kemampuan ditumbuhkan di masyarakat untuk membangun kemajuan daerah,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.