Disnaker Belum Terima UMK dari Pemprov

14

BANJAR – Hingga kini, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Banjar Ruswa Sumarna mengaku belum menerima secara resmi keputusan besaran Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) tahun 2019 untuk Banjar. Kemungkinan surat edaran dari Pemprov Jawa Barat akan sampai maksimal pertengahan bulan ini.

”Dugi ka ayeuna Disnaker Kota Banjar acan nampi serat tertulisna, angger be sapertos harita nembe tina medsos informasina,” balas Ruwa saat dikonfirmasi via Whatsapp Minggu (2/12).

Berkaca dari tahun sebelumnya, kata dia, surat edaran penetapan UMK dari Pemprov Jabar dikirim langsung ke kepala daerah yakni Wali Kota kemudian didisposisi ke Dinas Tenaga Kerja.

“Upami ningali taun kamari mah, ketepanan kenaikan UMK oleh Provinsi teh sok dikirim ka kepala daerah nembe disposisi ka Disnaker,” katanya.

Ruswa mengatakan Pemkot Banjar sudah mengusulkan untuk kenaikan besaran UMK Kota Banjar tahun 2019 sebesar Rp 1.688.227. Angka itu, menurutnya, naik sekitar 8,03 persen dibanding besaran UMK tahun ini.

“Tahun ini sekitar Rp1,5 juta lebih. Kami sudah mengusulkan kenaikan UMK sebesar 8,03 persen dan jatuhnya pada besaran Rp1.688.227,” katanya.

Ruswa menegaskan banyaknya informasi yang beredar di media sosial maupun di media sosial tentang daftar besaran UMK di Jawa Barat dimungkinkan benar. Pasalnya untuk Kota Banjar besaran UMK yang tercantum sudah sesuai dengan usulan pemkot tahun ini ke provinsi.

“Posisi Banjar memang paling bawah kalau sesuai informasi yang beredar di media sosial dan di group chatting, kemungkinan benar karena besaran UMK kita sama dengan yang kita usulkan,” kata dia.

Ia berharap pemerintah provinsi segera menyampaikan ketetapan besaran UMK secara resmi. Dengan begitu, pemerintah daerah bisa segera menyosialisasikan penerapan UMK di perusahaan-perusahan.

“Harapan kita secara resmi mudah-mudahan secepatnya ada suratnya,” kata dia. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.