Disperkim Garut Benahi Kawasan Kumuh

33
0
Eded Komara Nugraha Disperkim Garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Garut terus berupaya menata kawasan kampung kumuh ada di perkotaan maupun pedesaan. Salah satu langkahnya dengan program Nata Lembur.

“Dengan program ini kita menata kampung kumuh yang ada di pedesaan,” ujar Kepala Disperkim Garut Eded Komara Nugraha kepada wartawan, Senin (21/12).

Eded menerangkan kawasan kampung kumuh di pedesaan jumlahnya banyak. Seperti contoh di Desa Sindanggalih Kecamatan Karangtengah. Di desa tersebut ada Kampung Ancol, yang kondisinya kumuh.

Baca juga : Tak Ada Rekayasa Pasien Covid-19 di Kabupaten Garut

Melalui program Nata Lembur, kata dia, Kampung Ancol sekarang dibenahi. Di kampung itu, ada 25 unit rumah tipe 36 yang dibangun, pembangunan ini dilakukan supaya kampung ini tidak kumuh lagi.

Loading...

Program tersebut menggunakan sistem tukar aset, dimana pemilik rumah di kawasan kumuh dan tidak layak huni bisa menukarkan rumahnya dengan hunian di program Nata Lembur.

“Jadi rumah tidak layak huni milik warga ditukar dengan rumah yang disediakan oleh pemerintah, tapi lokasinya masih di kampung itu,” ujarnya.

Sementara aset milik warga yang sudah ditukar akan dibangun ruang terbuka publik. Sehingga kampung yang tadinya kumuh bisa menjadi asri dan layak ditinggali.

Sobur (45) salah satu penerima bantuan merasa bahagia karena fasilitas rumahnya lebih lengkap dibandingkan sebelumnya.

“Saya mendapatkan program rumah sehat. Alhamdulilah sudah istilahnya bahagia, karena sebelumnya rumah saya tidak ada kamar mandi, yang biasanya keluar sekarang sudah ada dalam rumah,” pungkasnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.