Ditemukan KTP Warga Pangandaran yang Tercetak Ganda

22

PARIGI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangandaran mengiyakan bahwa ada kartu tanda penduduk (KTP) warga di Kecamatan Parigi yang tercetak ganda.

Kepala Seksi Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pangandaran Rusli, saat dihubungi Radar, mengatakan KTP elektronik yang tercetak ganda tersebut disebabkan warga mendaftar ke berbagai instansi. Misalnya, warga itu mendaftar ke Disdukcapil langsung juga mendaftar ke kecamatan.

”Jadi yang bersangkutan mendatar ke desa tapi karena tidak jadi-jadi kemudian daftar ke kecamatan, ada juga yang melalui calon legislatif untuk membantu mendaftar,” ungkapnya kepada Radar Rabu (13/3).

Akibatnya data diri orang tersebut sudah terdaftar dari beberapa sumber. Sementara data bukti percetakan dari server pusat terlambat kembali ke data Dinas Pendudukan Kabupaten Pangandaran.

“Jadi update-nya lambat, akibatnya beberapa blangko tercetak dengan identitas yang sama,” tuturnya.

Pihaknya mengaku sudah sangat selektif memasukan data pembuat KTP. ”Kami akan menarik kembali KTP elektronik yang ganda itu. Untuk selanjutnya dimusnahkan dengan cara digunting,” tuturnya.

Sementara itu salah seorang warga Desa Parigi Kecamatan Parigi Iyan Gilan (61) menemukan ada setidaknya sembilan KTP elektronik warga yang tercetak ganda. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.