Dites Urine, Banyak Sopir Hipertensi

30
0
DITES URINE. Para pengemudi angkutan umum di Terminal Singaparna dites urine dan kesehatan, Jumat (20/12). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Polres Tasikmalaya, Badan Nasional Narkotika (BNN) Tasikmalaya dan Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya menggelar tes urine terhadap sopir angkutan umum di Terminal Singaparna, Jumat (20/12).

Dari semua sopir yang mengikuti tes urine, tidak ditemukan yang menggunakan atau positif narkotika. Namun, mayoritas sopir yang dites urine mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi akibat pola hidup kurang sehat.

Kasat Narkoba Polres Tasikmalaya AKP Ngadiman SH mengatakan, tes urine dan cek tekanan darah ini dalam rangka menjelang natal dan tahun baru. Di mana aktivitas angkutan umum akan semakin meningkat. Maka dari itu, kegiatan ini sebagai upaya preventif terhadap awak angkutan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita cek kesehatan para pengemudi angkutan umum demi keselamatan penumpang. Juga untuk memastikan sopir tidak memakai narkoba dan mempunyai penyakit berat,” ujarnya kepada wartawan.

Hasil tes urine, kata dia, hampir semua pengemudi angkutan umum negatif mengkonsumsi obat-obatan narkotika. Namun, hanya sebatas mengalami tekanan darah tinggi. “Kebanyakan dari puluhan sopir angkutan umum yang diperiksa mengalami hipertensi. Selain cape atau kurang tidur. Mereka punya tanggung jawab besar juga ketika membawa penumpang. Harus menjaga keselamatan,” katanya.

Tim Medis dari Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Idris mengatakan, rata-rata tekanan darahnya di atas 120 sampai 150, tapi ada juga yang normal. Tindak lanjut dari medis memberikan obat penurun darah dan vitamin supaya kondisi pengemudi pulih saat mengemudikan kendaraannya membawa penumpang dan dianjurkan istirahat sejenak.

“Kita rawat jalan saja, nanti para sopir bisa membawa obat gratis untuk dikonsumsi, supaya kondisinya sehat. Rata-rata pola hidup kurang sehat, seperti kurang istirahat, cape begadang atau pola makan tidak teratur, kita sarankan istirahat cukup, jangan memaksakan diri,” katanya, menjelaskan. (dik)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.