Ditinggal Jemur Pakaian, Rumah Terbakar

49

INDIHIANG – Rumah milik pasangan suami-istri (pasutri) Olih (60) dan Minah (50) di Kampung Cipaingeun Kelurahan Sukamaju Kaler Kecamatan Indihiang hangus terbakar, Senin (18/2) sekitar pukul 04.00. Untungnya, pasutri lanjut usia (lansia) itu selamat.

Olih mengetahui rumah berukuran 5×6 meter itu terbakar ketika kepulan asap dari dapur memasuki ruang tengah. Setelah dicek, si jago merah sudah melahap sebagian atap rumah berbahan ijuk. “Saya lagi ganti baju, kenapa banyak asap ternyata kebakaran,” ujarnya.

Saat itu, Oih syok dan berteriak minta tolong kepada warga sambil melihat api yang semakin besar. Warga sekitar pun langsung berdatangan dan berupaya memadamkan si jago merah dengan peralatan sederhana.

Upaya warga tidak membuahkan hasil sampai akhirnya pemadam kebakaran datang ke lokasi. Api pun berhasil dijinakkan sekitar pukul 05.45 dengan satu unit fire city dibantu kendaraan water supply.

Meskipun tidak ada korban jiwa, tapi seluruh barang milik Oih sudah tak bersisa. Beruntung istrinya sempat mengamankan KTP dan perhiasan miliknya sebelum api meliputi seluruh bangunan. “Selain itu semuanya terbakar,” katanya.

Api diduga kuat berasal dari tungku. Pasalnya, saat itu istri Oih sedang memasak di dapur. Namun, tungku ditinggal Minah yang keluar menjemur pakaian. “Dari tungku, merambat ke kayu bakar yang disimpan di atasnya,” ujarnya.

Dengan terbakarnya rumah tersebut, Oih dan istri sementara mengungsi ke rumah adiknya yang masih bertetangga. Dia pun kebingungan mencari modal untuk membangun rumahnya kembali. “Karena sehari-hari saya hanya serabutan, kalau ada yang nyuruh saja,” katanya.

Kabid Damkar Mulyono mengatakan pihaknya mendapat laporan sekitar pukul 05.00. Rumah semi permanen itu hanya menyisakan tembok dasarnya saja. Sumber api diduga berawal dari tungku tempat memasak. “Jadi lagi masak, kemungkinan apinya besar dan merambat ke kayu-kayu di sekitarnya,” ujar dia. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.