Ditinggal Pengajian, Rumah Pasangan Lansia Terbakar

11
GOTONG ROYONG. Warga Babakan Kubang Desa Cibalanarik gotong royong memadamkan api yang membakar rumah milik Hudin (78) Jumat (5/10).

TANJUNGJAYA – Rumah milik pasangan lanjut usia (lansia), Hudin (78) dan Sapti (70) di Kampung Babakan Kubang RT/RW 05/02 Desa Cibalanarik Kecamatan Tanjungjaya terbakar ketika ditinggal pengajian, Jumat (5/10) pagi.

Kepala Dusun Babakan Kubang Budi mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 pagi. Pemilik rumah, Hudin dan Sapti meninggalkan rumahnya untuk berangkat ke pengajian.

Sebelum pergi, mereka sempat membakar sampah di samping rumahnya, tepatnya dekat kandang ayam yang terbuat dari bambu dan kayu.

“Dugaan awal kebakaran terjadi setelah sampah yang dibakar membakar dulu kandang ayam lalu menjalar ke rumah,” ujarnya kepada Radar kemarin.

Pada saat kejadian, kata dia, ada anaknya bernama Ani (50) yang sedang sakit. Beruntung saat kejadian, tetangganya sigap menyelamatkan Ani sebelum api membakar rumah tersebut.

“Saat kejadian warga bergotong royong, ada yang membawa air untuk memadamkan dan menyelamatkan Ani,” katanya.

Kejadian ini, kata dia, tidak bisa diselamatkan oleh pemadam kebakaran (damkar). Mengingat akses jalan menuju lokasi kebakaran sangat kecil dan tidak bisa masuk kendaraan damkar.

“Atas kejadian ini tidak ada korban jiwa. Sedangkan kerugian materi ditaksir mencapai Rp 50 juta,” paparnya.

Melihat kondisi rumah itu yang sudah tidak bisa ditempati lagi, pasangan lansia ini tinggal di rumah anaknya yang lain untuk sementara. Lokasinya tidak jauh dari rumah yang terbakar.

“Sebagai bentuk simpatik. Warga setempat langsung mengumpulkan dana untuk membantu keluarga Hudin dalam menghadapi cobaan ini,” bebernya.

Terpisah, Kepala Desa Ciba­la­narik Aip Rasyidi meng­apresiasi kepada warga yang langsung cepat tanggap membatu untuk memadamkan api yang membakar rumah pasangan lansia itu. Hing­ga rumah panggung itu tidak sam­­pai terbakar habis.

“Saya ber­­­harap pemerintah sigap membantu keluarga ini. Karena mereka tetap harus men­­jalani hidup,” tandasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.