DKP dan Distankan Pemkot Tasik Digabung

38
0
PEMBAHASAN. Pansus Raperda SOTK saat menggelar public hearing di ruang rapat paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Jumat (24/11). Firgiawan / Radar Tasikmalaya

INDIHIANG – Usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya terkait penyesuaian dan perubahan struktur organisasi tata kerja (SOTK) tengah digarap DPRD. Rencananya, pekan ini peraturan daerah (perda) tersebut bakal disahkan.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pembahas Raperda SOTK, H Dayat Mustofa menyebut beberapa perubahan itu menyesuaikan dengan aturan lebih tinggi. Salah satunya terjadi perubahan di lingkup organisasi perangkat daerah (OPD).

“Seperti Kesbangpol dari status kelembagaan kantor menjadi badan. Termasuk ada dinas yang di-merger, yakni Dinas Ketahanan Pangan dengan Dinas Pertanian dan Perikanan,” tuturnya kepada Radar, Sabtu (23/11).

Kemudian, kata Dayat, ada juga perubahan nomenklatur Inspektorat menjadi Inspektorat Badan (Irban).

“Totalnya ada 5 OPD yang mengalami perubahan. Saat ini kita masuk ke tahap final dan segera memfasilitasi untuk koordinasi terhadap Gubernur,” kata politisi Golkar itu.

“Kita harap perubahan beberapa OPD ini, bisa memaksimalkan kinerja instansi dalam pelayanan publik. Termasuk memberikan sejumlah inovasi dalam rangka pembangunan daerah dan menyejahterakan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, pada public hearing yang diselenggarakan Jumat (22/11) di Ruang Rapat Paripurna Ketua STHG Tasikmalaya Dwiadi Cahyadi SH MHum meminta perubahan SOTK bukan menjadi program penghamburan anggaran.

Ia berharap ke depannya, kegiatan pembuatan perda bisa disosialisasikan dengan optimal dan diimplementasikan di tataran aparatur pemkot dengan baik.

“Eksekutif dan legislatif nantinya harus gencar sosialisasi supaya informasi perubahan ini tersampaikan terhadap masyarakat luas, khususnya stakeholder terkait,” katanya. (igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.