DLH Garut Fokus Atasi Masalah Sampah

113
0
PEMBANGUNAN. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut membangun sanitary landfill di TPA Pasir Bajing. Pembangunan itu untuk mengatasi permasalah sampah. Diskominfo garut untuk rakyat garut
Loading...

TAROGONG KALER – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut tengah membangun sanitary landfill. Pembangunan dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Garut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs H Uu Saepudin ST, MSi mengatakan pembangunan sanitary landfill atau sistem pengelolaan atau pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya dan menimbunnya dengan tanah itu ditarget selesai akhir tahun ini. Saat ini pembangunannya telah mencapai 85 persen.

“Akan difungsionalkan pada Januari 2021,” katanya saat dihubungi Rakyat Garut Selasa (24/11).

Baca juga : Klaster Pesantren di Garut Mulai Terkendali

Anggaran yang digunakan untuk pembangunannya sekitar Rp 5 miliar.

loading...

Selain metode sanitary landfill, pihaknya telah mengajukan mesin pemilah dan mesin pemrosesan sampah. Anggaran yang diajukan sebesar 50 miliar untuk pembelian mesin tersebut.

Pihaknya menyebut mesin tersebut diperlukan untuk mempermudah proses pemisahan sampah yang dapat didaur ulang kembali.

“Fungsi mesin pemilah untuk memisahkan jenis sampai yang masih punya nilai sehingga dapat diolah kembali dengan sampah sudah tidak memiliki nilai ekonomis,” ujarnya. (son)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.