DOB Solusi Pemerataan Pembangunan

62
0

GARUT – Rektor Universitas Garut (Uniga) Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng menilai sudah saatnya Garut Selatan (Garsela) menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Hal itu karena dia melihat wilayah Kabupaten Garut saat ini cukup luas, yakni memiliki 42 kecamatan.

Menurut dia, pemekaran perlu dilakukan supaya adanya pemerataan pembangunan. Dia menilai pembangunan di Kabupaten Garut saat ini belum merata. “Keadilan pembangunan itu merupakan keniscayaan,” katanya saat dihubungi Rakyat Garut, Jumat (29/3).

Dikatakannya, apabila pemekaran wilayah tidak segera dilakukan, pembangunan di Kabupaten Garut akan terlambat. Sebab wilayah saat ini cukup luas. “Saya yakin adanya DOB ini akan mempercepat pembangunan,” ujar dia.

Karena itu, rektor Uniga tersebut sangat setuju bila DOB direalisasikan dalam waktu dekat ini. “Bahkan saya yakini DOB ini akan meningkatkan perekonomian secara signifikan,” ungkapnya kepada Rakyat Garut.

Dia menerangkan Garut Selatan memiliki potensi cukup banyak untuk dijadikan pendapatan asli daerah (PAD). Salah satunya dari sektor pariwisata, seperti dari laut dan gunung. “Garut Selatan ini akan semakin tertinggal bila tidak menjadi DOB karena dihimpit oleh Kabupaten Pangandaran dan Pelabuhan Ratu (Sukabumi) termasuk Cipatujah (Tasikmalaya),” ungkap Abdusy Syakur. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.