Dokumen SKPD di Pemkab Pangandaran akan Terintegritas Satu Sama Lain

71
0
BUAT CODING. Salah seorang staf IT Dinas Kominfo dan Informatika membuat coding untuk website SKPD Kamis (21/11). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
BUAT CODING. Salah seorang staf IT Dinas Kominfo dan Informatika membuat coding untuk website SKPD Kamis (21/11). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Seluruh website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan terintegrasi (disatukan) satu sama lainnya.

Kasi Pengembangan E Government dan Infrastruktur TIK Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Pangandaran Thoyib Wahyudin mengatakan proses pengintegrasian website Pemkab tersebut sudah mencapai 60 persen.

”Sekarang sedang di design website, progresnya baru 60 persen, termasuk coding,” ujarnya kepada Radar saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (21/11).

Menurut dia, nantinya SKPD bisa memuat atau mempublikasikan data dan dokumen, yang bisa diakses SKPD lain. ”Nanti akan diberi arahan dan petunjuk bagaimana cara mengupload dan lain-lain,” terangnya.

Untuk membangun itu semua, kata dia, Dinas Kominfo hanya mengandalkan sumber daya yang ada, mereka tidak menggunakan jasa konsultan IT. ”Untuk sementara mengandalkan yang ada saja dulu, karena anggarannya masih terbatas,” ujarnya.

Namun ia optimis, website yang dibangunnya akan sangat maksimal, terutama dalam membangun sinergitas antar OPD.

”Walaupun menggunakan sumber daya yang ada, tapi saya hasilnya bisa memuaskan. Karena mereka (pembuat website, Red) rata-rata lulusan S1 bidang komputer juga,” jelasnya.

Beberapa kali website di Kabupaten Pangandaran jadi bulan-bulanan para hacker, hal itu terjadi setiap menyambut pesta demokrasi atau pemilu.

”Tahun sebelumnya juga pernah terjadi pembobolam situs oleh hacker, menjelang Pilgub dan Pemilu,” tuturnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.