Dolar Belum Usik Harga Mobil LCGC

4

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Inflasi, nilai tukar, dan perubahan model kendaraan menjadi pertimbangan utama pabrikan dalam menentukan harga mobil anyar. Misalnya, All New Honda Brio yang diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. PT Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek (APM) memastikan bahwa harga jual kendaraan yang ditarget laku 5.000 unit per bulan itu tidak naik signifikan.

”Terkait nilai tukar rupiah, memang ada pengaruh. Namun, kami sudah pertimbangkan hal tersebut,” kata Direktur Marketing dan Layanan Aftersales PT HPM Jonfis Fandy di Jakarta Rabu (12/9). Jonfis menambahkan, pengaruh unsur nilai tukar belum terlalu besar untuk unit yang sudah mengandung komponen lokal yang tinggi.

Misalnya, All New Honda Brio yang memiliki kandungan lokal 85 persen. Terlebih lagi, Brio Satya yang masuk kategori mobil murah ramah lingkungan (LCGC) memiliki harga yang sudah diatur pemerintah. ”Sekarang yang naik itu baru impor CBU seperti Honda Civic lima pintu. Kita selalu monitor terus. Biasanya, kita tidak langsung respons kurs mata uang dengan kenaikan harga. Kita tahan-tahan dulu,” tambah Jonfis.

Honda menyebutkan bahwa Brio masih masuk kategori LCGC. Disebutkan, mobil LCGC harus memiliki konsumsi bahan bakar setidaknya 20 km per liter. Selain itu, spesifikasi BBM minimal beroktan 92, sedangkan diesel cetane number minimal 51. Ketentuan lain adalah radius putar dan ground clearance.

Menurut Jonfis, soal besaran harga, dalam regulasi juga disebutkan, dapat disesuaikan apabila terjadi perubahan-perubahan pada kondisi atau indikator ekonomi yang meliputi besaran inflasi, kurs nilai tukar rupiah, dan harga bahan baku. Termasuk penggunaan transmisi otomatis dan teknologi pengaman penumpang. Penyesuaian harga berdasar penggunaan transmisi otomatis maksimum 15 persen. Yang menggunakan teknologi pengamanan penumpang maksimum 10 persen. (agf/c6/oki/jpg)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.