Dominasi Matador

2

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

ZURICH – FIFA mengumumkan nominasi untuk FIFA FIFPro World XI 2018. Dari 55 nama nominator, pemain asal Spanyol mendominasi bersama Prancis.

Dalam pengumuman di situs resmi FIFA kemarin, ada sembilan pemain Spanyol yang masuk nominasi starting eleven dunia untuk 2018. Ke-9 pemain Tim Matador itu yakni David De Gea, Jordi Alba, Daniel Carvajal, Gerard Pique, Sergio Ramos, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Isco serta David Silva.

Juara Piala Dunia 2018, Prancis menyumbang nominator terbanyak kedua dengan delapan pemain. Mereka masing-masing adalah Benjamin Pavard, Samuel Umtiti, Raphael Varane, N’Golo Kante, Paul Pogba, Karim Benzema dan Kylian Mbappe.

Total dari 55 pemain, 71 persen di antaranya merupakan pilar dari negara-negara Eropa. Sementara untuk liga, 26 nominator bermain di tim La Liga Spanyol. Barcelona menjadi kontributor terbanyak dengan 12 pemain dan mantan pemain. Real Madrid dan Atletico Madrid menyumbang masing-masing 11 dan tiga pemain.

Nominasi tahun ini sendiri terdiri dari lima penjaga gawang, 20 pemain belakang, 15 gelandang, serta 15 pemain depan. Dari seluruh nominator ini, penjaga gawang Paris Saint Germain (PSG) Gianluigi Buffon menjadi pemain tertua dengan usia yang saat ini sudah 40 tahun.

FIFPro, serikat pemain di seluruh dunia dan FIFA memilih 55 nama berdasarkan pilihan hampir 25.000 pemain profesional dari 65 negara yang berbeda. Selama pemungutan suara, mereka masing-masing memilih satu penjaga gawang, empat pemain belakang, tiga gelandang dan tiga pemain depan.

Tahun lalu, 11 pemain yang terpilih dalam FIFA FIFPro World XI 2017 yakni Buffon, Dani Alves, Leonardo Bonucci, Ramos, Marcelo, Iniesta, Toni Kroos, Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Neymar. Dengan demikian, hanya Bonucci yang tidak masuk lagi dalam nominasi tahun ini.

Di FIFA FIFPro World XI, akan dipilih satu penjaga gawang, empat bek, tiga gelandang, dan tiga penyerang. Susunan final FIFA FIFPro World XI 2018 akan diumumkan bertepatan dengan pengumuman pemain terbaik FIFA pada Senin, 24 September di London.

Hanya saja, untuk best of the best, kapten Spanyol, Sergio Ramos memuji Luka Modric. Rekannya di Real Madrid. “Saya dan Anda akan melihat siapa yang memenangkan The Best FIFA. Ada beberapa pemain yang saya banggakan karena mereka bermain bersama saya di Madrid,” kata Ramos di ESPN.

EASport memberi penilaian khusus untuk David Silva. Analis Liam Corles menyebut, David Silva merupakan pemain super sibuk saat bermain. Dan ia pantas mendapatkan yang lebih dari itu. “Ia sering bergerak di lini tengah untuk mendapatkan yang terbaik. Ia playmaker murni di mana pun ia berada di lapangan,” sebutnya. (amr/fin)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.