Dongkrak Ekonomi Melalui Inovasi

15

JAKARTA – Untuk meningkatkan mutu ekonomi Indonesia, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah menyiapkan empat jurus jitu yakni daya saing, produktivitas, inovasi dan riset.

Jika keempat itu dilakukan. Dia meyakini perekonomian Indonesia akan tumbuh dengan baik sesuai dengan target pemerintah di atas 5 persen.

Menurut Sri, keempat poin ini saling berkaitan dan mendukung untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri. “Empat hal inilah yang akan kita terus lakukan di dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan mutu perekonomian Indonesia,” ujar Sri.

Mantan pelaksana bank dunia itu menilai, selain itu dampak positif lainnya adalah dapat menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran Indonesia. Ini juga fokus pemerintah.

“Pada saat yang sama kita tetap fokus untuk mengurangi kemiskinan, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan. Kita akan menggunakan seluruh policy (kebijakan) yang ada,” jelas dia.

Fokus pemerintah lainnya, lanjut Sri, yakni mendorong pertumbuhan investasi dengan membuat kebijakan baru. Salah satunya, super deduction tax.

“Dengan demikian diharapkan ada peningkatan sumber daya manusia yang profesional di bidangnya. Kita ingin pendidikan vokasi mencetak generasi yang profesional,” ucap dia.

Terpisah, ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nailul Huda sepakat apa yang dikatakan Menteri Sri dengan fokus kepada empat hal tersebut.

“Pemerintah juga harus menggunakan APBN secara produktif. Dengan demikian akan meningkatkan produktivitas,” ujarnya.

Selain itu, sambung Huda, pemerintah harus fokus membangun SDM yang andal. “Sekarang pemerintah harus fokus pembangunan manusianya. Otomatis tingkat produktivitas akan meningkatn,” pungkas dia. (din/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.