STEI Ar-Risalah Melepas 52 Peserta KKN

Dorong Ekonomi Syariah di Desa

233
0
Istimewa PELEPASAN KKN. Ketua STEI Ar-Risalah Prof Dr H Kartawan SE MP (kanan) menyerahkan secara simbolis peserta KKN kepada Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya, Sabtu (29/6).

CIJEUNGJING – Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya melepas 52 peserta kuliah kerja nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Ar-Risalah tahun akademik 2018/2019,” Sabtu (29/6). Pelepasan tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah STEI yang berdiri pada 2016 itu.

Ketua STEI Ar-Risalah Kabupaten Ciamis Prof Dr H Kartawan SE MP menerangkan, KKN bertema “Partisipasi Penguatan Kewirausahaan Berbasis Nilai Syariah” itu dilaksanakan di Desa Cisontrol dan Desa Bojonggedang Kecamatan Rancah. KKN merupakan wujud aktualisasi diri mahasiswa terhadap masyarakat sehingga terjadi interaksi yang positif agar kehidupan masyarakat desa lebih produktif dan inovatif dengan nilai-nilai syariah sebagai fondasi kehidupan yang benar dan berkah.

“Diharapkan para mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat di kehidupan yang sesungguhnya dengan berbaur di masyarakat. Salah satunya dengan mendorong warga dengan memanfaatkan potensi daerah yang ada,” kata dia.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Popo Musthofa Kamil SPd MPd menuturkan, pelepasan KKN diawali dengan pembekalan pada tanggal 22-25 Juni 2019. Pemateri kegiatan berasal dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ciamis, para pakar ekonomi syariah dan perbankan syariah.

KKN yang akan dilaksanakan selama 31 hari dari tanggal 1-31 Juli 2019 itu diharapkan benar-benar memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Popo ingin mahasiswa STEI menjadi garda terdepan dalam membangun ekonomi pedesaan yang bernilaikan nilai-nilai syariah di tengah-tengah maraknya ekonomi kapitalis, sehingga semua lapisan masyarakat dapat hidup saling menguntungkan satu sama lain. “Mahasiswa STEI Ar-Risalah harus menjadikan KKN PPM tahun ini merupakan media dakwah dalam mem-booming-kan Ekonomi Islam berbasis syariah,” ucapnya.

Hj Nila Nurochani SE MM, Ketua LPPM STEI Ar-Risalah sekaligus ketua pelaksana kegiatan KKN PPM menyatakan bahwa KKN PPM ini sebagai objek pembelajaran bagi mahasiswa dalam mengabdikan diri kepada masyarakat dari ilmu yang telah didapat dari bangku kuliah agar peranan mahasiswa hadir real d tengah-tengah masyarakat. (rls/obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.