STT YBSI Gelar Pengenalan Kampus

Dorong Kreativitas Mahasiswa Baru

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Ada yang berbeda dari ajang kaderisasi mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional (STT YBSI) Tasikmalaya. Mulai dari nama yang unik dan mudah diingat sampai kegiatan yang unforgettable moment telah disiapkan panitia.

Koordinator Mahasiswa STT YBSI Siti Maesaroh mengatakan, pada beberapa kampus di Indonesia kegiatan sebelum perkuliahan ini disebut ospek, tapi lain dari yang lain kampus yang bertempat di Komplek Mayasari Plaza ini membuat nama sendiri yaitu Peka atau Pengenalan Kampus.

Kegiatan ini berlangsung tiga hari sejak 08 September 2018. Seluruh panitia yang terlibat di dalamnya diambil dari mahasiswa tingkat dua sampai tingkat empat. Bersatu padu menyukseskan acara yang mengambil tema Membentuk Mahasiswa Intelektual, Bermoral, Berjiwa Sosial dan Budaya.

“Budaya Peka yang diusung di kampus teknologi ini, tidak lagi mengajarkan perpeloncoan dari kakak tingkatnya tapi lebih pada pengenalan jurusan, pendalaman materi kepemimpinan dan bela negara, pengenalan organisasi dan kreatifitas mahasiswa baru,” terangnya Kamis (13/9).

Mahasiswa baru dari Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Mesin Otomotif ini mengambil banyak peran saat berlangsungnya acara. Hari pertama pengenalan materi jurusan dari masing-masing ketua jurusan yang disambut baik oleh peserta. Mereka diajari bagaimana caranya agar lulus tepat waktu dan paham apa artinya SKS (Sistem Kredit Semester).

Hari kedua, sambung ia, mahasiswa baru yang telah dibentuk hingga delapan kelompok besar ini, dilombakan dalam membuat inovasi. Kreatifitas dan daya pikir mereka dituntut untuk menciptakan aplikasi atau alat yang dapat membantu pekerjaan manusia.

“Banyak alat inovasi yang dipresentasikan oleh kelompok mahasiswa diantaranya sistem keamanan, charger emergency, alarm antisipasi banjir, sensor jarak untuk kendaraan dan lain-lain. Ini semua sesuai dengan salah satu tujuan STT YBS Internasional agar mahasiswa teknik ini memiliki kemampuan dasar riset dan pengembangan,” jelasnya.

Di hari terkahir Peka, sambungnya, kebutuhan fisik untuk olahraga menjadi penting agar terwujudnya jiwa yang sehat dan tubuh yang kuat. Kegiatan olahraga menjadi penunjang kemampuan.

Satu lagi yang tidak kalah menarik mahasiswa baru berunjuk gigi dalam kegiatan STT YBSI Got Tallent, kemampuan seni mereka ditunjukkan di antaranya drama, puisi, akustik, komedi dan kolaborasi musik. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menampung wadah kreatifitas dan ide-ide segar dari generasi milenial.

“Diharapkan mahasiswa baru aktif berorganisasi serta menjadi mahasiswa yang tidak sekedar kuliah tapi juga mempunyai karya dan inovasi,” pesannya.

Ketua STT YBS Internasional Dewanto Rosian Adhy yang sedang bertandang menjalankan tugas study di Universitas Teknikal Malaysia (UTem) menyambut positif kegiatan Peka. Ia berharap, saat di kampus mahasiswa tidak sekedar kuliah namun harus membangun sebuah inovasi yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Banyak kerjasama yang sudah dibuat baik dengan industri maupun institusi pendidikan dalam maupun luar negeri. Mari bersama-sama kita manfaatkan peluang ini untuk berbuat lebih banyak lagi. Ramaikan kampus dengan kegiatan inovatif yang bermanfaat,” ujarnya. (na)

loading...