Remaja yang Mencoba Bunuh Diri Kini Dititipkan di Yayasan

Dorong Pembangunan Mal Pelayanan Publik

38
0

CISURUPAN – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Garut H Subhan Fahmi mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut membangunan mal pelayanan publik (MPP). Mal dibangun untuk mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan ataupun yang lainnya.

“Saat ini banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya mengurus dokumen, seperti KTP dan KK. Solusinya hanya satu, membuat mal pelayanan public seperti daerah lain,” ujarnya Jumat (6/12). Menurut dia, keluhan masyarakat terkait ribetnya pelayanan publik berdasarkan hasil reses yang dilakukan selama ini.

Fahmi menerangkan mal pelayanan publik merupakan tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat atau daerah.

“MPP dilakukan untuk pelayanan yang cepat, mudah, aman, terjangkau dan nyaman. Ini bakal memudahkan masyarakat untuk mngurus administrasi yang selama ini dipersepsikan ribet,” ujarnya.

MPP pada dasarnya pengintegrasian pelayanan publik dari daerah dengan berbagai pelayanan publik instansi pemerintah pusat, BUMN dan kalau mungkin swasta. Pembangunan MPP sejalan dengan kebijakan Gerakan Indonesia Melayani, yang tertuang dalam Inpres no 12/2016.

Pelayanan dalam MPP dikombinasikan menggunakan teknologi informasi sebagai jawaban atas tantangan revolusi 4.0. Fahmi berharap tahun 2020 sudah bisa dimulai dan di Kabupaten Garut setidaknya dua mal pelayanan publik. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.