Legislator DPRD Kota Tasikmalaya

Dorong Penataan PKL, Agar Tasik Lebih Resik

79
0
H Irman Rachman SE

Gegap gempitanya pembangunan infrastruktur di Kota Tasikmalaya, perlu dibarengi dengan penataan kawasan perkotaan. Supaya perkembangan daerah dapat selaras antara kemajuan pembangunan dengan estetika tata kota.

Itulah yang diharapkan Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya H Irman Rachman SE. Banyak aspirasi masyarakat terhadapnya, menginginkan pemerintah bisa fokus menata kota, terutama Pedagang Kaki Lima (PKL). Supaya keberadaannya bisa saling memberi manfaat.

“Kota Tasik akan semakin maju, tetapi penataan kota harus diimbangi dan dipercepat. Sehingga nilai resik Kota Tasik lebih nyata di kemudian hari,” tuturnya.

Terutama, kata dia, PKL di kawasan Cihideung yang terbilang memerlukan keseriusan dari pemerintah. Supaya kehadirannya sebagai penggerak ekonomi, tidak memberikan dampak terhadap masyarakat yang beraktivitas di sekitarnya.

“Baik Cihideung, Pasar Cikurubuk serta pasar-pasar tradisional lain di Kota Tasik bisa lebih tertata. Seiring perda kaitan zonasi PKL sedang disusun, maka harus konsentrasi dalam menatanya,” ujar Anggota Badan Legislatif itu.

Menurutnya, saat ini Kota Tasik sudah mencapai beragam perkembangan seperti memiliki bandar udara, banyaknya perhotelan serta berkembang pesatnya pusat-pusat kuliner yang beragam. Namun, supaya kota tetap tertib dan nyaman, perlu membenahi sisi penataan.

“Itu memerlukan kesadaran bersama, maka kami mengajak masyarakat termasuk pemkot bisa mewujudkan penataan kota yang baik,” terangnya.

Pria yang juga Bendahara Fraksi Partai Demokrat itu memiliki tagline dalam melanjutkan pengabdiannya di parlemen. Melaksanakan kegiatan yang dapat membantu masyarakat secara luas. Sesuai tujuannya menjadi anggota legislatif, supaya bisa membantu masyarakat melalui aspirasi.

Mengingat tidak semua kebutuhan pembangunan dari masyarakat dapat terakomodir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan. “Yang sudah baik dilanjutkan yang belum baik diperbaiki,” ucapnya.

Dia berharap ke depan mewujudkan pembangunan yang menyentuh kaitan bidang keagamaan. Sehingga fasilitas umum seperti madrasah, masjid dan sarana lainnya bisa menjadi lebih representatif. Tidak hanya infrastruktur fisik yang digunakan seperti jalan lingkungan atau fasilitas lainnya.

“Selama ini saya sudah melaksanakan kegiatan infrastruktur, memenuhi kebutuhan warga di tingkat RT-RW, ke depan ingin memfasilitasi supaya masyarakat lebih nyaman dan senang saat kegiatan keagamaan,” harap Irman.

Menurutnya, selama ini dirinya rutin memberdayakan Karang Taruna. Memberikan pelatihan supaya dapat menjadi water rescue di Situ Gede.

Sehingga di objek wisata tersebut, pengunjung bisa tenang, sebab para pemudanya memiliki keahlian dalam melaksanakan pertolongan dini, ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Selain itu, saya pun memberikan satu unit perahu rescue untuk disimpan di sana. Menangani kejadian-kejadian yang sekiranya bisa dilakukan cepat, sebelum BPBD datang ke lokasi. Pengunjung pun memiliki rasa aman,” ucap dia memaparkan.

Di satu sisi, Irman menginginkan supaya di kawasan objek wisata itu dapat dioptimalkan hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan pemerintah. Sehingga, ke depan Situ Gede diharapkan menjadi jantung pariwisata dan ikon Kota Tasik.

“Kita ketahui ada pembangunan yang sudah dilaksanakan Pemprov Jawa Barat di sana. Diharapkan bisa dioptimalkan dan digunakan pemkot sehingga bisa mendorong Situ Gede semakin representatif,” terangnya berharap.

Irman mencanangkan adanya Perda Perlindungan Pengusaha Hotel dan Restoran di Kota Tasik. Menghindari persaingan tidak sehat di kemudian hari. Kemudian mendorong pemkot mengoptimalisasi potensi hotel lokal di daerah.

“Kemudian ke depannya saya sarankan, supaya pemkot bisa mengarahkan investor atau siapa pun yang hendak membuka hotel, harus hotel berbintang 5 ke atas. Sebab, sudah cukup dengan hotel-hotel yang ada saat ini,” tandasnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.