Dorong UKM untuk Bisa Ekspor Produk

11
0

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mendorong pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) mampu mengekspor produk unggulannya ke sejumlah negara. Langkah itu perlu dilakukan agar mendapatkan keuntungan lebih besar selain dari pasar dalam negeri.

“Memang tidak mudah untuk melakukan itu (ekspor). Butuh proses. Tetapi kami terus upayakan UKM untuk bisa melakukan itu,” ujar Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Garut Eko Yulianto kepada wartawan Selasa (10/9).

Menurut dia, salah satu upaya pemerintah untuk mendorong produk UKM sektor kuliner maupun barang bukan pangan agar bisa bersaing di pasar internasional yakni memberikan bimbingan dan pelatihan kepada UKM di Garut. Seperti cara membuat nama atau merek yang memiliki nilai jual dan membangun bisnis agar produk UKM bisa bersaing dengan produk dari daerah lain.

Ia menyebutkan jumlah UKM di Garut sekitar 17 ribuan UKM dengan berbagai produk kuliner dan bukan pangan, namun untuk kegiatan pelatihan sementara hanya melibatkan beberapa pelaku UKM.

Menurut dia, Kabupaten Garut memiliki keunggulan produk yang layak untuk dipasarkan ke sejumlah Negara, seperti kerajinan atau jaket dari bahan baku kulit dan kain batik. “Bicara unggulan di Garut itu banyak, ada kulit, batik ada juga produk lainnya,” ujarnya.

Ia berharap program ekspor yang bekerja sama dengan kementerian itu bisa menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis dalam negeri khususnya Garut. “Tentunya kalau bisa ekspor akan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha di Garut,” harapnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.