Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah, BI Dorong UMKM Kantongi Sertifikasi Halal

88
0
Istimewa SEMINAR. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Heru Saptaji (tengah) bersama UMKM se-Priangan Timur usai seminar sertifikasi halal di Bale Priangan KPwBI Selasa (28/5).
Loading...

TASIK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tasikmalaya menggelar seminar sertifikasi halal bagi UMKM se- Priangan Timur, di Bale Priangan KPwBI, Jalan Sutisna Senjaya Kota Tasikmalaya, Selasa (28/5).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Heru Saptaji mengatakan, seminar sertifikasi halal ini bagian dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Priangan Timur supaya lebih pesat.

“Seminar ini sebagai upaya konkrit yang terus digalakkan oleh Bank Indonesia untuk mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” katanya.

Dalam hal ini, BI juga bersinergi dengan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dan pihak lainnya.

Lanjutnya, saat ini BI telah memiliki blueprint pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk mendukung terwujudnya Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.

“Salah satu poin penting pemberdayaan ekonomi syariah ini yakni menggencarkan implementasi halal lifestyle dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk dalam pengembangan halal value chain di sektor pertanian, industri pengolahan makanan, pariwisata serta energi baru dan terbarukan,” jelas dia.

Bank Indonesia juga terus berupaya mempercepat sertifikat halal untuk produk-produk UMKM dalam mendukung implementasi halal value chain di masyarakat.

Loading...

Ia mengatakan, kegiatan seminar sertifikasi halal ini diikuti sekitar 215 UMKM se-Priangan Timur dengan narasumber dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandung.

“Harapannya melalui seminar ini proses sertifikasi halal produk UMKM semakin cepat diimplementasikan. Selain itu mampu meningkatkan daya saing dengan produk industri besar serta menembus pasar yang lebih luas,” pungkasnya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.