Dosen Uniga Buat Buku Pedoman Pengolahan Kopi

19
0
BUAT BUKU. Dosen Universitas Garut menulis buku berjudul Pedoman Pengolahan Kopi yang Baik. Buku tersebut diharapkan memberi kemudahan bagi petani kopi. Uniga untuk Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Dua dosen Fakultas Pertanian Universitas Garut (Faperta Uniga) Ati Atul Quddus SPt, MOS, MSi dan Vela Rostwentivaivi SE,MSi menulis satu buku berjudul Pedoman Pengolahan Kopi yang Baik. Buku tersebut di-launching kedua penulisnya di acara The 7th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition 2019 di Jakarta Convention Center Rabu (14/8).

Rektor Universitas Garut Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng mengatakan kegiatan yang diikuti di acara tersebut merupakan rangkaian kerja sama Universitas Garut dengan Star Energy melalui Yayasan Sahabat Cipta dalam melakukan pendampingan terhadap petani dan pelaku usaha kopi D’Arffi di Desa Pasirwangi Kecamatan Pasirwangi.

“Pendampingan ini sudah dari tahun 2017. Mulai dari kajian ekonomi masyarakat petani dan pengusaha pengolah kopi hingga pendampingan dalam good manufacturing practices (GMP),” ujarnya dalam rilis yang diterima Rakyat Garut, Senin (19/8).

Menurut dia, pendampingan yang dilakukan Dosen Faperta Uniga karena masih banyaknya petani kopi minim ilmu tentang pengolahan kopi, sehingga mempengaruhi kualiutas kopi yang dihasilkan. Selain pendampingan, salah satu outcome dari program CSR yang dilakukan Star Energy, Yayasan Sahabat Cipta dan Universitas Garut yakni membuat buku berjudul Pedoman Pengolahan Kopi yang Baik. “Dua dosen ini juga sangat aktif melakukan program pendampingan dengan masyarakat dalam bentuk implementasi tridharma perguruan tinggi. Dua dosen ini juga merupakan pecinta dan penikmat kopi,” katanya.

Syakur mengatakan dengan adanya buku yang diterbitkan diharapkan memberikan kemudahan bagi para patani kopi atau pengusaha kopi pemula untuk mendapatkan berbagai informasi dasar, ilmu bagaimana cara mengolah kopi yang baik dan penerapannya.

Sementara itu, dalam kesempatan itu kedua dosen mengucapkan terima kasih atas support Universitas Garut. Tanpa dukungan Universitas Garut, pengalaman, kesempatan dan karya tidak mungkin hadir di tengah-tengah masyarakat Pasirwangi. “Semoga buku ini mampu membantu mewujudkan mimpi para petani maupun pengusaha pemula dalam pengolahan kopi,” ujar Ati Atul Quddus SPt, MOS, MSi , salah satu penulis buku. (yna/rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.