DP3AKB Kota Tasik Bangun Kesadaran Keluarga untuk Lawan Covid-19,

66
0
WEBINAR. Peserta menyimak materi Membangun Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19 saat menggelar webinar, Selasa (13/10). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

CIHIDEUNG – Membangun kesadaran melawan Covid-19 perlu kebersamaan. Salah satunya dengan konsep pentahelix, dimana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, peng­usaha dan media bersatu.

Selasa (13/10), Puspaga Kota Tasikmalaya, Polres Kota Tasikmalaya, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Tasikmalaya, Radar Tasikmalaya dan Kemenag Kota Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema; Membangun Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga : Banyak Pelanggaran, Pembatasan Jam Malam di Kota Tasik Diperketat

Kegiatan itu diisi pemateri Kepala Bidang PPA-DP3AKB Kota Tasikmalaya dr H Sarwono, Kaur Bin Ops Binmas Polres Kota Tasikmalaya Iptu Asep Saepuloh SH dan Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Tasikmalaya H Danial Abdul Holik MSi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Tasikmalaya Dra Hj Nunung Kartini MPd menjelaskan banyak hal yang bermunculan di keluarga pada masa pandemi Covid-19.

Di mana adanya keterbatasan kegiatan sehari-hari. Maka perlunya membangun ketahanan keluarga.

Kemudian, kata dia, dalam keluarga perlu memperhatikan kesehatan. Ciptakan orang-orang terdekat aman tanpa cemas terpapar Covid-19.

Karena itu perlu adanya antisipasi dengan melaksanakan protokol kesehatan saat di rumah atau luar. Bisa menggunakan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat berarti kita menyayangi orang tua dan anak-anak. Karena mereka merupakan aset yang berharga, maka harus membangun ketahanan keluarga dari wabah Covid-19,” ujarnya.

Ketua Penyelenggaraan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Tasikmalaya Hj Atit Tajmiati Am.Keb, Ners, MPd berharap kegiatan yang tersebut meningkatkan inovasi kompetensi SDM dalam keluarga.

“Maka bisa saling bertanggung jawab dalam upaya pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Salah satu pemateri, Kepala Bidang PPA-DP3AKB Kota Tasikmalaya dr H Sarwono menjelaskan keluarga merupakan garda terdepan dalam pencegahan Covid-19. Maka, langkah-langkah harus dilakukan, seperti membiasakan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Jadi di mana pun protokol kesehatan harus ditaati. Karena keluarga lah yang rentan terpapar Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, dia memninta menerapkan sepuluh aksi gerakan berjarak bersama keluarga. Diantaranya; tetap di rumah, menjaga jarak fisik, mengawasi keluar masuk orang dan barang, menyebarkan informasi yang benar, aktivitas media komunikasi online dan aktivitas posko rumah aman.

Baca juga : Pabrik & 2 Truk Tertimbun Longsor, Jalur Salopa-Manonjaya Tasik Masih Putus

“Perlu dipahami keluarga adalah harta yang paling berharga dan rumah tempat berbagi dan mengasihi.

Sehingga harus terus menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan di dalam keluarga, jangan sampai abai,” katanya. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.