DPMTSP Ciamis Permudah Perizinan Pengusaha Kecil dengan e-KTP & e-Mail

201
0
Rudi SE Kepala Dinas DPMTSP Kabupaten Ciamis

CIAMIS – Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kabupaten Ciamis mempermudah dan mempercepat perizinan bagi para pengusaha mikro kecil. Para pelaku UMKM tinggal menggunakan KTP elektronik dan e-mail.

Kepala Dinas DPMTSP Kabupaten Ciamis Rudi SE menyampaikan, para pelaku UMKM mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) ke-DPMPST sebagai syarat pengajuan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“Sebelumnya semenjak adanya penambahan waktu bagi para pengaju bantuan UMKM tercatat sehari bisa 100 orang para pelaku usaha yang datang untuk mengajukan NIB,” papar Rudi kepada Radar di ruangannya Jumat (20/11) siang.

Para pengaju BPUM, kata dia, harus memiliki NIB sebagai persyaratan pengajuan bantuan dari pemerintah pusat tersebut. Rata-rata pengaju pembuatan NIB datang dari pengusaha pasar manis Ciamis, karena dekat dengan kantor DPMTSP.

“Karena cukup mudah untuk mendapatkan NIB hanya membawa fotokopi KTP, email dan nomor HP yang nantinya kami input ke aplikasi Online Single Submission (OSS),” kata dia memaparkan.

Sejatinya, kata Rudi, pengajuan pembuatan NIB bisa dilaksanakan di rumah atau tidak perlu ke kantor DPMTSP, karena pembuatannya sudah online.

“Tapi memang suka ada yang datang ke dinas karena memang menyangkut SDM karena tidak tahu,” ujar Rudi.

Baca juga : HEBOH Mayat Misterius Dikerubuti Biawak di Manonjaya Tasik, Ternyata Warga Ciamis

“Tetap kami bantu juga kalau memang ketidaktahuan,” ujarnya memaparkan.

Rudi menegaskan pengajuan pembuatan NIB gratis. Pengaju pembuatan NIB tidak mengajukan pembuatan NIB saat jam kerja.

Selama pembuatan NIB, para pegawai di DPMTSP, kata Rudi, senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya menerapkan 3 M: memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Termasuk, pihaknya membatasi para pengaju NIB saat akan memasuki kantor. Itu semua demi menekan penyebaran corona.
“Upaya itu sangat penting kami lakukan, karena menekan penyebaran corona itu penting dilakukan,” ujarnya.

Pemerintah melanjutkan bantuan presiden (Banpres) dalam program Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau BPUM senilai Rp 2,4 juta hingga tahun 2021 untuk pelaku UMKM.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong pelaku bisnis mikro kecil dan menengah, khususnya yang berada di daerah, untuk mengembangkan inovasi bisnis.

“Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sudah mengumumkan BLT UMKM akan berlanjut hingga tahun depan,” ungkap LaNyalla, Minggu (15/11). (isr/en/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.