Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.4%

83.5%

5%

0.5%

9.5%

DPRD Jabar Siap Muluskan Tol Bataci

504
0
Peta Tol bandung-tasikmalaya-Cilacap (Baticap)

INDIHIANG – Proyek nasional Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap (Bataci) akan dikawal serius DPRD Provinsi Jawa Barat. Karena pembangunan jalan bebas hambatan tersebut untuk menunjang akselerasi perekonomian daerah Priangan Timur.

“Kami di provinsi berharap meski domain pengerjaan Tol ada di pemerintah pusat, ketika ada hambatan atau anggaran yang tidak terlalu cepat cairnya, bisa dianggarkan melalui APBD Provinsi Jawa Barat,” ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat H Oleh Soleh kepada wartawan usai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Kota Tasikmalaya Kamis (17/10).

Dia menjelaskan saat ini proyek jalur bebas hambatan tersebut sudah melewati tahapan penyusunan detail engineering design (DED) dan feasibility study (FS). Pihaknya bisa berupaya untuk memberdayakan lembaga keuangan dalam pembiayaan tol apabila perlu dukungan anggaran untuk menyukseskan program tersebut. “Misalnnya meminjam uang kepada lembaga keuangan untuk pembiayaan tol, sehingga tol ini benar-benar mandiri dibangun dan dioperasikan oleh BUMD jasa sarana yang dimiliki oleh Pemprov,” kata dia.

Selain melancarkan program nasional, kata Oleh, pembangunan Tol Bataci bisa menyokong kemajuan daerah di Jawa Barat Selatan. “Jadi ada benefit juga. Saat ini kan progresnya tinggal eksekusi saja, pembebasan lahan dan pembangunan infrastrukturnya,” ucap Oleh.

Politisi PKB itu mengimbau masyarakat yang rencananya bakal terlintasi Tol Bataci untuk bersabar. Sementara pemerintah daerah diminta segera melakukan penyesuaian tata ruang wilayah masing-masing.

“Yang pasti bagi pemerintah kota dan kabupaten yang terlintasi tol tinggal menyiapkan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)-nya sesegera mungkin,” tuturnya.

Oleh menambahkan pembangunan tol sendiri sangat dinanti semua pihak khususnya Priangan Timur. Berharap segera terealisasi dan bisa dinikmati sebagai percepatan aksesibilitas dari satu daerah ke daerah lain.

“Beda dengan kabupaten atau kota di provinsi lain yang mengalami hambatan soal pembangunan tol, di sini kan berbeda, masyarakat yang menginginkannya,” ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menjelaskan bahwa keberhasilan lain yang telah diraih Kota Tasikmalaya yaitu menginisiasi Tol Bandung-Tasikmalaya pada tahun 2015.

Saat itu, dukungan dari seluruh daerah di Priangan Timur cukup besar. Dan sekarang ini proses pembangunan jalan tol tersebut sudah pada tahap lelang resmi.

“Kota Tasikmalaya akan ada exit tol di Jalan Swaka. Kita minta exit tol dua, satu lagi di kampus dua Unsil di Tamansari. Saya minta, dua karena 30 hektare Unsil perlu pengembangan dan berat mobilitas apabila masih jalur lama,” jelasnya.

Dengan banyaknya keberhasilan yang sudah diraih Kota Tasikmalaya, Budi berharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia berpesan agar seluruh hasil pembangunan dapat dimanfaatkan dengan baik serta dipelihara masyarakat.

“Di hari jadi ini sebagai momentum untuk bersyukur menjadi alat evaluasi kami. Masih banyak kekurangan yang harus dibenahi. Bagaimana terus membangun visi daerah religius, maju dan madani,” ujar orang nomor satu di Kota Tasikmalaya ini. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.