Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3%

19.1%

7.2%

70.7%

DPRD Kabupaten Tasik Mulai Bahas Ranperda Olahraga & Pemuda

60
0
DISKUSI. Bapemperda DPRD Kabupaten Tasikmalaya bersama akademisi dan KONI membahas naskah akademik Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan dan Kepemudaan, Rabu (16/9). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Tasikmalaya menggelar Focus Group Discussion (FGD) unuk membahas naskah akademik (NA) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Keolahragaan dan Kepemudaan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (16/9).

Hadir dalam FGD tersebut penyusun dan pembuat naskah akademik Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan dan Kepemudaan dari akademisi Universitas Siliwangi (Unsil) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tasikmalaya serta KNPI.

Baca juga : Dahsyat, Hari Ini Kota Tasik Nambah 7 Orang Positif Corona, Mambo Kuliner dll Akan..

Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Tasikmalaya Cecep Nuryakin mengatakan, dibuatnya Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan dan Kepemudaan sangat positif dalam memfasilitasi para pemuda dan dunia olahraga.

“Baguslah karena kegiatan yang dilaksanakan sebelum naskah akademik itu kita terima. Jadi ada masukan-masukan melalui FGD ini, mengakomodir dari berbagai pihak,” kata Cecep kepada wartawan di Gedung DPRD, kemarin.

Apalagi, kata Cecep, dalam penyelenggaraan olahraga ini banyak cabang olahraga dan pihak terkait di bidang olahraga yang memberikan pemahaman, pemikiran dan sumbangsih saran.

“Karena yang mereka rasakan pasti akan diungkapkan. Maka naskah akademik ini harus mengakomodir dasar ranperda yang akan dibahas dan masuk di DPRD termasuk Ranperda Kepemudaan,” kata Cecep.

Dalam FGD ini, terang dia, yang hadir seperti pihak akademisi dari Unsil sebagai penyusun dan pembuat naskah akademik. Termasuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) beserta pengurus cabang olahraganya dan KNPI.

“Kami dari anggota DPRD dan Bapemperda diundang semua untuk memberikan atau memfasilitasi apa yang menjadi aspirasi masyarakat kaitan penyelenggaraan olahraga dan kepemudaan,” ungkap dia.

Kata dia, target menyelesaikan naskah akademik ranperda tersebut tahun ini harus selesai, karena ranperda ini sebuah usul inisiatif dari DPRD.

“Kita ambil karena Perda tentang Penyelenggaraan Olahraga dan Kepemudaan ini sangat diperlukan, ketika daerah lain sudah mempunyai perda ini, Kabupaten Tasik juga harus mempunyainya,” jelas dia.

Perda ini, kata dia, menjadi motivasi bagi daerah atau DPRD untuk membawa regulasi ini menjadi usul inisiatif. “Jadi FGD akan dilaksanakan kembali, termasuk untuk membahas Ranperda Penyelenggaraan Olahraga dan Perda Kepemudaan, kedua perda ini terpisah,” jelas dia.

Ketua Umum KONI Kabupaten Tasikmalaya Drs H Saeful Hidayat MSi mengatakan, dengan adanya Perda Penyelenggaraan Olahraga ini, KONI sebagai penyelenggara mempunyai legalitas dan payung hukum resmi.

Artinya dengan perda ini, kata dia, pembinaan bibit atlet olahraga berprestasi akan lebih terorganisasi, terbina dengan baik termasuk pengembangan cabang olahraga dan perhatian anggaran dari pemerintah daerah akan lebih diperhatikan.

“Berharap tahun ini, perda ini bisa rampung dan disahkan oleh DPRD. Artinya kami sebagai penyelenggara olahraga mempunyai payung hukum untuk pengembangan olahraga di Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap dia.

Baca juga : Wali Kota Tasik Curhat ke Kemenkes, Ingin RSUD Naik Kelas ke Tipe A

Ketua KNPI Kabupaten Tasikmalaya Nana Sumarna SE mengaku sangat berterima kasih kepada DPRD dalam hal ini Bapemperda yang sudah mulai membahas naskah akademik Ranperda Kepemudaan sampai sejauh ini.

“KNPI pun ikut memberikan usul untuk pembentukan Perda Kepemudaan ini, sebagai payung hukum pembinaan organisasi kepemudaan di Kabupaten Tasikmalaya,” tutur dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.