Banmus Tunggu Surat Keputusan Presiden

DPRD Kebut Pembahasan Ade

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Tasikmalaya masih menunggu keputusan presiden (kepres) terkait pelantikan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menjadi wakil gubernur Jawa Barat (Jabar) turun untuk menjadi dasar pembahasan dan pengusulan Plt Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto menjadi bupati definitif kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Tasikmalaya Dr H Basuki Rahmat MSi mengatakan pihaknya akan sangat mendorong sekali proses pelantikan Ade Sugianto menjadi bupati definitif segera dilaksanakan. “Kalau kita di DPRD mengharapkan Pak Ade bisa dilantik menjadi bupati definitif paling lambat 10 hari setelah penunjukan Plt oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil,” ujarnya kepada Radar, Jumat (7/9).

Menurut Basuki, untuk mempercepat penetapan bupati definitif dan dibahas oleh Banmus harus keluar dulu surat kepres tentang pelantikan Uu Ruzhanul Ulum sebagai wakil gubernur Jabar. “Kita masih tunggu surat kepres sebagai dasar pembahasan Banmus bahwa di kabupaten terjadi kekosongan dan akan mengusulkan ke Kemendagri untuk pengangkatan bupati definitif,” terangnya.

Setelah kepres keluar, kata dia, Banmus akan langsung membahas dan waktunya tidak lama. Kemudian dilanjutkan dengan penetapan pada rapat paripurna sebelum diserahkan kepada Kemendagri untuk disetujui. “Kita optimis ketika kepres sudah ada waktunya tidak akan lama mulai dari pembahasan, paripurna, usulan hingga pelantikan bupati definitif,” katanya.

Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya Drs Ending Sunaryo SPd mengatakan siap membantu dan mempercepat Ade Sugianto menjadi bupati definitif. “Selain itu kami juga mengharapkan Pak Ade juga menyiapkan calon wakilnya untuk diusulkan ke DPRD. Jadi ketika nanti sudah menjadi bupati definitif tak akan lama dalam penentuan wakilnya,” bebernya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Ferry Willyam ST mengatakan hal senada bahwa akan turut mendorong percepatan pengangkatan Ade Sugianto sebagai bupati definitif. “Memang harus secepatnya pemerintahan diisi oleh kepala daerah yang definitif. Sehingga semua program bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Tasikmalaya Asep Dzulfikri SE menjelaskan memang untuk kepentingan masyarakat pengangkatan bupati definitif harus dipercepat. Mengingat saat ini sedang pembahasan untuk anggaran perubahan dan murni tahun depan. “Jadi didefinitifkannya wakil bupati menjadi bupati sudah merupakan kebutuhan,” ucapnya.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tasikmalaya H Jejeng Zaenal Muttaqin SHi menerangkan apabila daerah diisi terlalu lama oleh Plt tidak bagus juga. Maka dari itu, penetapan Ade sebagai bupati definitif harus segera dilaksanakan. “Dalam mengambil kebijakan, program dan menetapkan serta menyetujui anggaran bersama DPRD harus oleh bupati definitif. Maka secepatnya wakil bupati Ade dilantik dan menjadi bupati definitif,” harapnya. (dik)

loading...