Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

DPRD Meminta Bupati Segera Usulkan Cawabup

63
0

SINGAPARNA – Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Tasikmalaya Dr Ani Heryani SSos MSi mengatakan, keberadaan wakil bupati (wabup) dalam pemerintahan cukup strategis. Karena memengaruhi terhadap kestabilan berjalannya roda pemerintahan.

Menurut Ani, dalam ilmu administrasi pemerintahan, posisi wakil dalam pemerintahan baik wakil presiden, wakil gubernur, wakil walikota sampai wakil bupati sangat penting. Apalagi tugas fungsinya adalah pengawasan.

“Wakil kepala daerah memiliki kewenangan membantu kepala daerah dalam bidang pengawasan dan tugas lainnya. Jika bupati berhalangan hadir dalam suatu acara, wakil bupati bisa mewakilinya,” jelas Ani, kepada Radar, Jumat (1/3).

Lanjut Ani, kondisi tidak adanya wakil bupati di Kabupaten Tasikmalaya pernah terjadi di masa pemerintahan Tatang Farhanul Hakim. Pada waktu itu, Dede Oeron, yang menjabat wakil bupati meninggal. “Bupati Tatang Farhanul Hakim saat itu dan DPRD tidak mengusulkan adanya wakil bupati baru,” ungkapnya.

Akan tetapi, lanjut Ani, pada waktu itu ada perbedaan undang-undang dengan saat ini. Bahkan, jika posisi wakil kepala daerah dikosongkan pun, tidak ada sanksi kepada daerah yang tak melaksanakan pengisian jabatan wakil kepala daerah. “Namun, di dalam undang-undang memang diamanatkan ketika terjadi kekosongan daerah bisa mengusulkan,” bebernya.

Terang dia, apabila tidak ada wakil bupati, akan berpengaruh terhadap stabilitas berjalannya roda pemerintahan. “Misalnya, ketika bupati berhalangan hadir dalam kegiatan, tidak bisa diwakili oleh wakilnya. Bisa diwakili oleh sekda, namun saat ini sekda statusnya Pelaksana harian (Plh), belum ada definitif,” paparnya.

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Ir Zaenal Purkon MSi menerangkan, belum diisinya jabatan wabup tidak membuat jalannya roda pemerintahan terganggu.

“Pemerintahan tetap berjalan baik dan optimal dalam melayani masyarakat. Karena, bupati yang mengkoordinasikan semua program dan kegiatan serta pelayanan pemerintahan,” katanya.

Lanjut dia, ketika bupati berhalangan hadir dalam suatu acara, bupati menginstruksikan asisten daerah (asda) dan Plh sekda, termasuk para kepala dinas untuk mewakilinya. “Jadi, jalannya pemerintahan tetap baik, tidak ada ketimpangan dalam tugas dan fungsi lainnya,” jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat mengatakan, pihaknya akan tetap meminta bupati dan partai pengusung segera mengusulkan jabatan wabup. “Karena sudah ada rekomendasi dari Kemendagri melalui Pemprov Jawa Barat, agar DPRD segera mengusulkan dan memilih wakil kepala daerah,” paparnya.

Bahkan, pihaknya melalui Komisi I, sudah mengirim surat kepada bupati. Supaya segera mengusulkan calon wakil bupati untuk dipilih dalam rapat paripurna. “Sampai saat ini, bupati belum mengusulkan nama calon wakil bupati yang sudah diusulkan oleh PAN dan PKS, yakni Deni Sagara dan Tetep Abdulatip,” pungkasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.