DPT Kota Tasik Berkurang

9

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Sebanyak 482.667 pemilih ditetapkan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019. Jumlah tersebut merupakan hasil rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta pencermatan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya.

“Jumlah tersebut berkurang apabila dibandingkan saat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Agustus lalu yang berjumlah 463.068 pemilih,” ungkap Ketua KPU Kota Tasikmalaya Dr Ade Zaenul M usai Rapat Pleno Pencermatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Hotel City, Kota Tasikmalaya Kamis (13/9).

Menurutnya pengurangan tersebut terjadi lantaran adanya sejumlah pemilih yang masuk dalam kategori data pemilih ganda dan pemilih tidak memenuhi syarat (TMS). “Data temuan pemilih terindikasi ganda terdapat 431. Ada satu orang yang NIK-nya dua, atau satu orang NIK-nya tiga. Sementara data yang tidak memenuhi syarat seperti karena pindah atau meninggal ada 642 pemilih,” tuturnya.

Adapun temuan data pemilih ganda yang direkomedasikan parpol, kata Ade, elemen data tidak lengkap. Diantaranya NIK masih berbintang 6. Sementara KPU sendiri dalam menentukan kriteria kegandaan, indikator utamanya melihat dari NIK yang sama. “Nah saat kita cek, semua NIK-nya berbeda kecuali ada dua data yang NIK-nya sama. Dan itupun sudah masuk dalam rekomendasi Bawaslu termasuk di KPU. Otomatis sudah dieksekusi,” papar Ade.

Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin menilai persoalan yang terus terulang ini dipandang merupa­kan persoalan sistemik. Sistem Da­ta Pemilih (Sidalih) di KPU yang terkoneksi dengan sistem kependudukan terlihat belum ber­jalan optimal. “Maka kita reko­mendasikan KPU berjalan nor­matif, prosedur dilakukan de­ngan pihak terkait seperti Dis­dukcapil. Misal data Dis­dukcapil harusnya satu NIK di­pakai satu orang, tetapi di la­pangan masih ada saja data pemilih ganda,” pungkasnya. (igi)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.