DPT Pilkades Serentak di Ciamis Disempurnakan

58
0

CIAMIS – Pilkades Serentak di Ciamis akan dilaksanakan 19 Desember 2020. Kini ”pekerjaan rumah” harus segera diselesaikan para panitia pemilihan. Salah satunya penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPT).

Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) H Dian Budiyana menjelaskan saat ini tinggal penyesuian daftar pemilih. Warga yang sudah dan mau berusia 17 tahun harus diakomodir dan mendapatkan hak pilih.

“Jadi penyempurnaan daftar pemilih kita lakukan,” ujar Dian saat dihubungi Selasa siang (17/11).

“Jadi langkah ini yang harus kita lakukan mengenai daftar pemilih yang disempurnakan, salah satunya mengenai yang usia baru mau menginjak 17 tahun,” kata dia memaparkan.

Data pemilih tetap Pilkades Serentak Ciamis sebelum ditunda yaitu 501.380.

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu surat dari bupati tentang perubahan Permendagri No 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. Aturan tersebut mengalami perubahan karena Pilkades Serentak dilaksanakan di masa pandemi Covid-29.

Sekretaris Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Ciamis M Abdul Haris menjelaskan bahwa pihaknya telah melaksanakan zoom meeting dengan Kemenagri dan Dirjen Pemerintahan Desa.

Di dalam forum pertemuan virtual itu salah satu yang ditekankan mengenai penekanan protokol kesehatan Covid-19 saat Pilkades Serentak.

Baca juga : Ulama Ciamis Siap Kawal RUU Larangan Miras

Karena jangan sampai Pilkades menjadi klaster baru. Untuk itu, Pilkades harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Diantaranya, menerapkan 3 M: memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dan sebagainya. “Harapannya bisa lancar dan tidak ada masalah,” ujarnya.

Permasalahan lainnya yaitu pembaharuan data pemilih. Menurutnya, pembaharuan data pemilih di Pilkades memerlukan teknologi informasi, karena harus menggunakan sistem informasi data penduduk. Di sisi lain, tidak semua desa panitia pemilihan yang terkoneksi digital.

Di saat yang sama, pembaharuan data pemilih memiliki waktu yang sebentar. Data pemilih yang harus disempurnakan yaitu warga yang meninggal dunia, pensiun dari TNI dan Polri dan warga yang berusia 17 tahun saat pemilihan 19 Desember 2020.

“Kalau digital menjadi pekerja rumah berat bagi desa. Jadi baru ada beberapa desa saja yang masuk digital,” ujarnya.

Untuk itu, ke depan, dia berharap semua desa terkoneksi digital. Terutama tersambung dengan data kependudukan. Karena itu akan memudahkan perubahan data pemilih.

Sementara itu H Dian Budiyana menjelaskan untuk menyukseskan Pilkades Serentak 2020, Pemkab Ciamis menganggarkan dana tambahan sekitar Rp 1,7 miliar.

Anggaran tersebut untuk surat undangan, alat protokol kesehatan, honor BPD, panitia pemilihan, honor tambahan KPPS dan yang lainnya.

“Harapan kami Pilkades Ciamis ini bisa terselenggara dengan baik serta menjaga protokol kesehatan, serta menjaga tertib dan aman serta berjalan dengan sukses,” ujarnya berharap.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, sebelumnya, memimpin rapat persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, Senin (16/11) di Aula Pemkab Ciamis.

Hadir dalam kesempatan itu, Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra SIK MH, para camat, panitia Pilkades dari 143 desa. Pertemuan tersebut dilaksanakan secara virtual.

Herdiat menyampaikan sebelumnya Pilkades Ciamis beberapa kali mengalami penundaan karena alasan pandemi Covid-19 dan Pilkada Serentak. Namun, alhamdulillah setelah melakukan rapat virtual dengan Mendagri, Pemerintah Kabupaten Ciamis bisa melaksanakan Pilkades Serentak di 2020.

Karena dari 416 kabupaten/kota, hanya 19 daerah yang bisa melaksanakan Pilkades Serentak di 2020, sedangkan sisanya pada 2021.

“Tetapi dalam pelaksanannya ada beberapa yang harus diperhatikan, terutama dalam protokol kesehatan, mengingat saat ini kasus Covid-19 di Ciamis terus mengalami penambahan signifikan,” papar Herdiat kepada wartawan usai acara di Pemda Ciamis. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.