Draft Pelantikan Pejabat Pemkot Tasik Bocor ke Masyarakat

358
0
ISTimewa BEREDAR. Tangkapan layar dari draf pelantikan pejabat yang bocor ke publik, Kamis (4/2/2021).
Loading...

BUNGURSARI – Waktu pelaksanaan pengukuhan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru hingga kini masih belum pasti. Pemerintah Kota Tasikmalaya mengaku masih menunggu persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tetapi surat daftar pejabat struktural yang akan dikukuhkan telah bocor ke publik.

Dalam surat bernomor 821.2/159/BKPSDM yang ditandatangani pada 28 Januari 2021. Yang ditandatangani a.n Wali Kota Tasikmalaya/ Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, dengan tembusan Plt Wali Kota Tasikmalaya (sebagai laporan)
Dalam surat tersebut tercatat bahwa sebanyak 200 pegawai mulai dari eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya akan mengikuti pengukuhan dan pelantikan pejabat.

Dalam draft tersebut, pejabat eselon II seperti Budiaman Sanusi yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan akan mengisi jabatan baru sebagai Inspektur Inspektorat.

Kemudian di eselon III nama Ucu Anwar Surachman yang menjabat Kepala Pelaksana BPBD, akan mengisi jabatan baru sebagai Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

loading...

Saat Radar mencoba mengonfirmasi kebenaran draft tersebut? Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan belum memberikan respons. Termasuk Kepala BKPSDM Gungun Pahlagunara yang saat dihubungi nomor ponselnya tidak aktif, termasuk ketika Radar beberapa kali mencoba mendatangi ke ruangannya tidak bisa ditemui.

Sebelumnya diberitakan, Plt Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf mengatakan berdasarkan hasil konsultasi dengan pusat, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak mengalami perubahan di tubuh organisasinya bisa langsung melaksanakan kegiatan sesuai rencana anggaran yang sudah disusun di Tahun 2020.

Sementara OPD lain yang mengalami perubahan masih harus menunggu pelantikan dan pengukuhan.

“Jadi kita kemarin siasati dengan adanya kebijakan, supaya penggajian pegawai bisa dilakukan Pengguna Anggaran (PA) yang sama di tahun lalu. diluar itu, mereka belum bisa eksekusi,” ucapnya usai launching vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kersanegara Kecamatan Cibeureum, Jumat pagi (29/1).

Namun, Yusuf memastikan waktu dekat ini para bawahannya yang harus dilantik dan dikukuhkan segera mendapat jawaban. Berdasarkan informasi terakhir lampu hijau dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai terlihat. “Insya allah minggu ini Kepala BKPSDM sudah bawa rekomendasi dari Kemendagri dan segera kita lakukan pelantikan,” kata Yusuf.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, H Ivan Dicksan menuturkan informasi terakhir dari pusat, Pemkot bisa melaksanakan pelantikan secara bertahap. Pihaknya memverifikasi pegawai mana saja yang diprioritaskan untuk segera dilantik, sehingga tidak harus secara keseluruhan pegawai di lingkungan Pemkot mengikuti pelantikan.

“Jadi kita usulkan yang nomenklaturnya berubah, seperti Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) yang menjadi Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) semua pegawainya dilantik. Kemudian Satpol PP karena Damkar-nya masuk ke BPBD maka dilantik semua,” katanya mencontohkan.

Menurutnya, sekitar 200-an pegawai yang diusulkan untuk segera dilantik terhadap Kemendagri. Adapun terjadi pengisian posisi yang kosong di suatu posisi jabatan, jabatan yang ditinggalkan tidak dibolehkan untuk diisi terlebih dahulu.

“Misal si A mengisi jabatan yang hari ini kosong, itu bekas kursi jabatan si A tidak dulu diisi menunggu tahapan pelantikan berikutnya. Sehingga meski pun ada pergeseran tetapi tidak ada efek domino yang panjang. Kita harap minggu depan bisa laksanakan pelantikan,” jelas Ivan. (igi)

Baca juga : MA Tolak Gugatan WANI, KPU Kabupaten Tasik Bilang Begini..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.