Dua Bulan Terima Delapan Keluhan

29
0
Raden Tedi.Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut sudah menerima delapan keluhan terkait ketenagakerjaan di tahun 2019. Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kabupaten Garut Raden Tedi.

“Dari delapan keluhan, enam sudah diselesaikan dan dua masih dalam proses mediasi,” ujar dia kepada wartawan di kantornya Jumat (22/2).

Dari total keluhan yang masuk, permasalahannya mulai dari soal kepentingan, pemutusan hubungan kerja (PHK) dan perselisihan hak normatif yang tidak dilaksanakan. “Kebanyakan masalahnya soal PHK sehingga kaitannya dengan pesangon serta masalah lainnya yakni terkait uang lembur,” katanya.

Seperti contoh, ada lima perusahaan yang melakukan pemutusan kerja secara sepihak dengan total pekerja ada 30 orang. Dari masalah tersebut, pihaknya langsung melakukan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan. Saat ini permasalahannya selesai. “Kami itu hanya sebagai penengah saja untuk mencari solusi terbaik dan tidak merugikan kedua belah pihak,” terangnya.

Tedi menerangkan dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan tenaga kerja, pihaknya hanya mengacu kepada undang-undang dan peraturan yang berlaku. “Dalam proses penyelesaiannya sendiri, semua dikembalikan kepada peraturan atau perjanjian di awal,” terangnya.

Selama menyelesaikan persoalan terkait tenaga kerja dan perusahaan, kata dia, semuanya bisa dibereskan di sini. “Dari enam laporan ini, penyelesaiannya ada perusahaan yang merekrut kembali pekerjanya, ada yang ngasih pesangon dan yang lainnya,” paparnya.

Dia mengimbau kepada seluruh perusahaan, khususnya di Kabupaten Garut untuk melapor keberadaanya kepada pihaknya. Hal itu karena selama ini hanya 711 perusahaan yang terdata di dinasnya. “Jumlah ini tentunya belum semua perusahaan. Diperkirakan masih banyak perusahaan yang belum lapor,” terangnya.

Dirinya juga mengimbau para karyawan yang bekerja di perusahaan, jika mengalami tindakan yang tidak sesuai peraturan dan perjanjian segera melapor. “Kami pasti akan membantu menyelesaikan persoalan terkait tenaga kerja ini,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.