Ade Pastikan Jabatan Wakil Bupati Segera Diisi

Dua Cawabup Diundang PDIP Jabar

76
0
DIWAWANCARA. Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP diwawancarai soal calon bupati di Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya, Senin (22/7). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto menegaskan akan segera mengisi jabatan wakil bupati (wabup) di sisa periode ini. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal pengisian kekosongan wakil bupati Tasikmalaya.

Ade yang juga ketua DPC PDIP Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, dirinya mengikuti bagaimana partai pengusung memberikan usulan dua nama calon wakil bupati. Kemudian disampaikan ke DPRD untuk dipilih satu terbaik. “Saya sebagai bupati sebenarnya menunggu usulan dari partai pengusung. Nanti diserahkan ke 50 anggota dewan untuk dipilih,” kata Ade kepada wartawan usai menghadiri peresmian program Sikemala dan PTSP di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya, Senin (22/7).

Lanjut dia, dirinya sudah menerima usulan dua nama cawabup dari PAN dan PKS. Nama tersebut yakni Deni R Sagara dan KH Tetep Abdulatip. “Kami sudah mendapatkan izin dari DPP PDI Perjuangan untuk menerima pengusulan dua nama calon wakil bupati yang diusulkan PAN dan PKS. Koalisi sudah bersepakat atas pengusulan dua nama calon wakil bupati ke DPRD,” ujarnya

Lanjut Ade, pihaknya juga sudah menyampaikan informasi kepada pengurus PAN dan PKS, bahwa kedua nama calon wakil bupati Deni dan Tetep akan dipanggil DPD PDI Perjuangan, Selasa (23/7). “Kita sudah mengalami kemajuan, besok (hari ini), seluruh calon wakil bupati yang diajukan diundang oleh DPD PDI Perjuangan. Kita sudah sampaikan perihal itu kepada masing-masing pengurus partai pengusung,” ujarnya.

Ade mengatakan, setelah pengajuan dan pertemuan dengan DPD PDIP Jabar selesai, baru melangkah kepada mekanisme pengusulan ke DPRD untuk penentuan pemilihan. “Yang jelas kita dari partai pengusung sudah bersepakat untuk kedua nama tadi. Wakil bupati yang terpilih nanti sama-sama berniat memajukan kabupaten ini. Mau berbuat baik membangun masyarakat dan Kabupaten Tasik, saya kira dua-duanya cocok,” ujarnya.

Terpisah, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iin Aminudin MSi menambahkan, pada prinsipnya pemerintah daerah sudah menindaklanjuti surat edaran pengisian kekosongan wakil bupati dari Kemendagri. Bupati sendiri sudah melakukan komunikasi dengan pengusung untuk nama-nama cawabup yang akan diususlkan ke DPRD.

“Sekarang prosesnya tinggal di partai pengusung dan kemudian nanti diserahkan kepada DPRD yang akan memilih calon wakil bupati tersebut. Nanti pak bupati koordinasi dengan dewan,” katanya, menjelaskan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dr H Basuki Rahmat mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan masukan dua cawabup yang diusung PAN dan PKS. “Cawabup yang diusulkan sudah ada, Deni Sagara dan Heri Ahmadi. Mereka sudah mendapatkan SK dari DPP-nya. Jadi sebenarnya tunggu apalagi Pak Ade untuk memprosesnya, karena tinggal mengusulkan saja ke DPRD,” paparnya bulan lalu.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.