Masyarakat Antusias Tukarkan Uang Baru

Dua Hari, BI Siapkan Rp 1,3 Miliar

101
0
ANTUSIAS. Beberapa pegawai di lingkungan Pemkot Banjar menukarkan uang pecahan baru di pasar rakyat di kantor Kecamatan Purwaharja Rabu (15/5). (Anto Sugiarto / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Masyarakat Purwaharja antusias memanfaatkan pasar rakyat yang digelar di halaman kantor Kecamatan Purwaharja Rabu (15/5).

Mereka berbelanja kebutuhan pokok juga bisa melakukan penukaran uang baru yang telah disediakan oleh Bank Indonesia maupun perbankan lainnya.

“Sekarang kita kolaborasikan pasar rakyat dengan penukaran mata uang rupiah baru, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke perbankan antre lama,” ujar Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banjar Saifudin kepada wartawan di lokasi kemarin.

Menurut dia, kolaborasi dilakukan untuk menjaring masyarakat yang hendak menukarkan uang pecahan besar ke pecahan kecil baru.

”Alhamdulillah antusias masyarakat cukup tinggi. Awalnya kita tidak yakin akan seramai ini, baik yang belanja kebutuhan pokok maupun tukar uang baru,” ungkapnya.

Staf Unit Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Perwakilan Tasikmalaya Yudi Arifin mengatakan Bank Indonesia menyediakan uang baru pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000 yang bisa ditukarkan oleh masyarakat. Untuk Kota Banjar, disediakan sebesar Rp 1,3 miliar selama dua hari.

“Ini hari yang kedua di Kota Banjar. Pertama di Pasar Banjar, sekarang (kemarin, Red) di pasar rakyat,” ujarnya.

Kata dia, uang pecahan baru tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat. Tapi juga perbankan. Dari total Rp 1,3 miliar itu, kata dia, perbankan Rp 700 juta dan masyarakat Rp 600 juta.

“Perbankan harus melayani permintaan penukaran uang baru dari masyarakat. Selain itu, perbankan juga harus menerima penukaran uang rusak atau lusuh dari masyarakat atau nasabah. Jika tidak diterima, tinggal mengadu ke BI,” jelasnya.

Salah seorang warga Neni (45) mengaku terbantu dengan adanya pasar rakyat, terlebih bisa sekaligus menukarkan uang baru.

“Alhamdulillah sangat membantu sekali. Rencana uang baru ini akan dibagikan ke anak, kerabat saudara nanti pas lebaran,” katanya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.