Dua Hari Dua Kebakaran

13

CIJEUNGJING – Dalam kurun waktu, Selasa-Rabu (9-10/10) telah terjadi dua peristiwa kebakaran lahan perkebunan seluas 200 bata dan dapur rumah di Kecamatan Cijeungjing.

Kebakaran lahan terjadi di Kompleks Surungdayung Dusun Desa RT 02/16 Desa Handapherang pada Selasa (9/10) sekitar pukul 15.00. Kebakaran itu diduga disebabkan oleh anak-anak yang bermain api. Saat terjadi angin besar, api tersebut menyebar cukup luas. “Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun lahan seluas 200 bata hangus. Hanya bagian ilalangnya dan itu bisa ditangani oleh dua unit pemadam kebakaran,” jelas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Ani Supiani kepada Radar, kemarin.

Adapun kebakaran dapur rumah milik Ny Isur (50) terjadi di Dusun Wetan RT 04/02 Desa Utama kemarin. Api diduga berasal dari tungku dapur yang menyala dipakai menanak nasi. Saat itu korban tengah asyik berada di tengah rumah. Lupa mematikan tungku sehingga merembet ke bagian dinding rumah yang terbuat dari bambu. Untungnya si jago merah tidak melahap semua rumah. “Kami selalu mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Mengingat saat ini masih musim kemarau,” jelas Ani.

Ani juga mengimbau masyarakat yang sedang bermain di gunung atau perkebunan untuk tidak menyalakan api sembarangan. Karena, bila tidak dipadamkan dampaknya akan begitu meluas. Dalam kondisi kemarau ini hutan mudah terbakar. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.