Dua Jalur Selatan Sempat Terputus

11
TUTUP JALAN. Material longsor menutupi Jalan Bandung-Cisewu tepatnya Blok Puncak Kamerang Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu Selasa (4/12).

CISOMPET – Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Garut mengakibatkan jalur penghubung antar kabupaten di wilayah selatan Garut tertutup material longsor dan tanah amblas.

Jalan Garut-Pameungpeuk tepatnya di Desa Depok Kecamatan Cisompet amblas serta Jalan Bandung-Cisewu tertutup longsor.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro mengatakan akibat kejadian bencana arus lalu lintas di dua jalur tersebut sempat terputus. Kendaraan dari arah Bandung maupun Cisewu tak bisa melintas karena jalan tertutup material longsor.

Untuk mengantisipasi itu, pihaknya mengerahkan alat berat untuk membersihkan longsoran tanah di Blok Puncak Kamerang Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu.

“Hingga sore ini (kemarin) jalan sudah bisa dilintasi setelah material longsor setinggi 15 meter dibersihkan,” terangnya.

Sedangkan untuk Jalan Garut-Pameungpeuk, tepatnya di wilayah Cisompet yang amblas untuk saat ini juga sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat. “Semuanya bisa diatasi berkat koordinasi antara semua pihak,” terangnya.

Dihubungi terpisah, Danramil Cisompet Kapten Rusdianto mengatakan amblasnya jalan terjadi sekitar pukul 07.00. Arus lalu lintas dari Pameungpeuk dan arah sebaliknya sempat terhambat.

“Jalan yang amblas sekitar 1,5 meter. Jalan yang amblas menutup dua lajur, sehingga kendaraan sulit untuk melintas,” ujarnya.

Pihaknya bersama Polsek Cisompet dan warga sekitar pun membuat jembatan sementara untuk menutup jalan yang amblas. Jembatan sementara terbuat dari kayu dan ditutup menggunakan pasir dan batu.

“Jalannya sudah bisa dilalui. Tapi harus bergantian lewatnya,” katanya.

Ia mengimbau kepada warga yang akan berangkat ke Garut Selatan untuk berhati-hati. Pasalnya, di sejumlah titik jalan masih rawan longsor dan jalan amblas.

“Untuk sementara truk barang belum bisa lewat. Jembatan sementara ini tak mampu dilalui banyak kendaraan. Truk barang lebih baik memutar ke Bungbulang,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.