Dua Kandidat Dianggap Layak, Empat Fraksi Mulai Bersuara

Dua Kandidat Dianggap Layak Jadi Wabup, Empat Fraksi Mulai Bersuara

157
0
Loading...

SINGAPARNA – Empat dari tujuh fraksi di DPRD Kabupaten Tasikmalaya bersuara tentang dua calon wakil bupati pendamping H Ade Sugianto, Deni R Sagara (PAN) dan KH Tetep Abdul Latip (PKS). Pada prinsipnya di mata mereka keduanya layak. Namun secara pribadi, pimpinan Fraksi Golkar, Demokrat dan Gerindra mengaku lebih dekat dan mengenal Deni R Sagara.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Tasikmalaya Drs H Ending Sunaryo MM menjelaskan di antara Deni R Sagara dan Tetep Abdul Latip, yang akan diusulkan PDI Perjuangan dan Bupati ke DPRD, dia melihat kecenderungan fraksinya mendukung Deni.

Alasannya, kata Ending, Deni tahu kondisi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya saat menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dan putra asli daerah. Pastinya, Deni, kata Ending, tahu harus bagaimana arah kebijakan pemerintah daerah.

”Kalau kedekatan, saya lebih dekat dan kenal sama Deni. Kalau dengan Tetep sebatas tahu saja anggota DPRD Provinsi dari PKS,” kata Ending saat dihubungi Radar, Rabu (24/7).

”Kalau Tetep kan lamanya di DPRD Provinsi Jawa Barat sudah dua periode dengan sekarang terpilih lagi. Kemudian, ada kemungkinan sayang kepada jabatannya saat ini. Kemudian, belum begitu tahu kondisi saat ini di Kabupaten Tasik,” ujar Ending.

Namun demikian, kata Ending, secara kapasitas, Deni maupun Tetep layak menjadi wakil bupati mendampingi Ade Sugianto. Karena keduanya merupakan kader terbaik dari PAN dan PKS.

Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ferry Willyam ST mengatakan Fraksi Demokrat belum menentukan arah sikap dukungan terhadap kedua calon wakil bupati tersebut.

Loading...

”Keputusannya kan nanti pada saat pemilihan di DPRD, tetapi pastinya masing-masing fraksi punya pandangan masing-masing. Secara kedekatan emosional, memang secara pribadi, dekat dengan Deni R Sagara, sesama anggota dewan,” kata Ferry.

Namun, secara keputusan partai maupun fraksi, Demokrat, kata Ferry, belum menentukan sikap. Pada intinya, keduanya layak untuk diusulkan menjadi wakil bupati ke DPRD.

”Yang jelas harapan kami, posisi wabup ini tidak kosong agar roda pemerintahan berjalan seimbang dan tidak ada kendala dalam pelayanan publik,” ujarnya.

Dalam wawancara terpisah, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Cecep Ruchimat menilai Deni dan Tetep layak menjadi wakil bupati. Apalagi mereka telah ditunjuk dan diberikan surat keputusan (SK) oleh DPP PAN dan DPP PKS.

”Artinya keduanya, baik Tetep dan Deni layak. Kader terbaik partainya masing-masing. Soal pilihan, Gerindra belum mau terbuka memilih Deni atau Tetep. Nanti ada musyawarah, baik di partai maupun fraksi soal pilihan Gerindra arahnya ke mana,” ujarnya.

Akan tetapi, Cecep mengaku secara pribadi lebih dekat dengan Deni R Sagara. Selain bersama-sama sebagai anggota dewan di DPRD Kabupaten Tasikmalaya juga sama-sama pengurus partai di kabupaten.

”Ya soal siapa yang jadi wakil bupati, kita serahkan kepada mekanisme di dewan nanti. Gerindra intinya mendorong supaya jabatan wakil bupati ini diisi sesuai amanat undang-undang,” kata Cecep.

Di kesempatan berbeda, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tasikmalaya Demi Hamzah Rahadian SH MH menjelaskan secara kepartaian maupun fraksi, belum ada instruksi dari pimpinan partai untuk menentukan sikap memilih calon wakil bupati.

”Belum ada kepastian, Fraksi PDI-Perjuangan milih siapa, Deni atau Tetep. Bisa saja semua anggota Fraksi PDI-P memilih salah satu atau bahkan abstain tidak memilih siapa pun,” kata Demi.

Menurut Demi, baik Tetep maupun Deni, keduanya adalah kader terbaik dari partainya masing-masing. Mereka sudah pantas dan layak jika salah satunya terpilih menjadi wakil bupati.

”Karena pada akhirnya nanti keputusan akhirnya, siapa yang terbanyak di pilih oleh anggota dewan, itu yang akan menjadi wakil bupati,” tambah dia.

Sementara itu, saat dihubungi Radar terkait arah dukungan dalam memilih calon wakil bupati, anggota Fraksi PAN DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Dzulfikri SE, Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Jejeng Zaenal Muttaqin dan Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Asop Sopiudin belum memberikan jawaban. Saat dihubungi Radar, telepon dari Radar, tidak diangkat, dialihkan dan sedang sibuk. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.