Dua Mobdin Baru untuk Pemimpin Baru

52
BERDERET. Beberapa mobil dinas terparkir di halaman belakang Gedung Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ciamis, Rabu (13/3).Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar untuk membeli dua unit mobil dinas (mobdin) Toyota Fortuner VRZ. Sebagai mobil sport utility vehicle (SUV), Fortuner dianggap cocok menjajal medan jalan di perdesaan dan perkotaan.

Kepala Sub Bagian Pelaksana Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Ciamis Rian Andriana menjelaskan dana pembelian dua mobdin itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019. Harga masing-masing mobdin diperkirakan mencapai Rp 600 jutaan.

Pembelian mobdin tersebut juga sudah sesuai aturan. Misalnya, minimal kapasitas mesin tidak lebih dari 3.000 cc. Adapun soal harganya tidak ada batasan. “Sebenarnya kita mengusulkan itu tiga mobil dinas, yang rencana satu lagi untuk patwal, namun yang disetujui hanya dua saja,” tutur dia kepada Radar, Rabu (13/3).

Kedua mobdin itu akan dipakai untuk bupati dan wakil bupati baru, Herdiat Sunarya dan Yana Diana Putra. Untuk jenis mobilnya sama, tapi tipenya kemungkinan berbeda. Adapun bupati saat ini, H Iing Syam Arifin memakai mobdin Pajero Sport.

Sementara itu, Fortuner VRZ dipilih untuk mobdin kepala daerah lantaran, sebagai SUV, cocok digunakan untuk menjajal berbagai medan di daerah berjuluk Kota Galendo itu. Medan desa dan kota bisa dilalui dengan baik. “Pengadaan ini juga sesuai dengan anggaran yang ada,” ujarnya.

Menurut dia, bila mobdin baru itu belum dibeli, Herdiat-Yana masih bisa menggunakan kendaraan dinas sebelumnya. Adapun pengadaan mobdin baru itu akan dilakukan e-catalogue di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Jadi bukan lewat lelang atau penunjukan langsung. Hal tersebut dilakukan lantaran pemerintah pusat sudah meneken kontrak dengan diler Toyota dan Mitsubishi perihal pengadaan mobdin. Dengan begitu, harga jual mobil sudah tertera sangat jelas. “Jadi ketika barangnya ready, seminggu juga bisa beres. Tentunya lebih mudah dengan e-catalogue,” katanya. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.