Golkar Mulai Jajaki Figur Iwan Saputra

Dua Parpol Dekati Gerindra

103
0
ilustrasi parpol

SINGAPARNA – Sebagai partai pemenang pada Pileg 2019, DPC Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya terus didekati partai lain untuk membangun koalisi di Pilkada 2020. Partai Golkar dan PKS sudah menjajaki komunikasi politik dengan peraih sembilan kursi untuk DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya H Cecep Ruchimat (HCR) mengatakan, sampai saat ini baru ada dua partai yang sudah mengajak komunikasi politik untuk persiapan Pilkada 2020, walaupun baru secara non formal. “Ya dalam rangka pendekatan silaturahmi saja, belum secara serius membicarakan soal koalisi atau menentukan kandidat nama calon yang akan didorong maju di pilkada,” ujarnya saat dihubungi Radar, Selasa (9/7).

Menurut Cecep, Partai Golkar dan PKS sudah intens melakukan komunikasi politik. Baik melalui pertemuan non formal atau melalui sambungan telepon. Pembahasan yang dilakukan mulai dari koalisi sampai pembahasan jelang pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Ya komunikasi tetap berjalan, tapi sikap kita belum bisa ditentukan saat ini untuk berkoalisi dengan partai mana pun. Pembahasannya memang tentang menghadapi Pilkada 2020, cuma belum mengarah ke nama,” katanya, menjelaskan.

Walaupun menjadi partai pemenang, kata dia, Gerindra selalu terbuka dengan partai mana pun yang akan berkomunikasi. Termasuk berbicara figur pun terbuka untuk kader eksternal yang berpotensi maju di Pilkada 2020. “Kita terbuka untuk siapa pun, silahkan yang mau bersilaturahmi atau komunikasi. Mudah-mudahan minggu depan ada keputusan, ke mana arah Gerindra berkoalisi. Intinya semua adalah keputusan partai,” ujarnya.

Kata dia, walaupun terbuka untuk kader eksternal, tetap yang menjadi prioritas diusung sebagai calon bupati adalah kader internal terbaik. “Namun soal siapa yang akan didorong itu tetap semua keputusannya ada di tangan internal partai Gerindra melalui kesepakatan bersama,” kata dia.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya Drs Ending Sunaryo MSi mengakui bahwa sudah melakukan komunikasi dengan Gerindra. Namun, bukan secara formal, baru sebatas obrolan biasa soal sikap menghadapi Pilkada 2020 nanti. “Sikap koalisi yang akan dibangun Golkar belum memastikan dengan siapa. Kalau komunikasi politik di Pilkada 2020 sudah dilakukan dengan semua parpol termasuk Gerindra. Dengan siapa pun kita terbuka,” ujarnya.

Bicara kandidat, lanjut dia, pihak­nya masih konsisten untuk mengusung Erry Purwanto untuk maju menjadi calon bupati di Pilkada 2020. Namun, ada alternatif lain dengan membidik figur dari birokrat, yakni Iwan Saputra. “Kami juga mulai melakukan pendekatan ke Iwan Saputra,” katanya.

Sekretaris DPD PKS Kabupaten Tasik­­malaya Dedi Kurniawan ST MM mengatakan, jelang Pilkada 2020 terus membangun komunikasi untuk koa­lisi. Sejauh ini yang paling intens ber­­komunikasi dengan Gerindra. “Ya komu­nikasi politik sudah terbangun de­ngan Gerindra, tapi belum ada ke­pas­tian soal koalisinya,” ujarnya.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.