Dua Rumah Nyaris Terbawa Longsor

32
ISTIMEWA TERANCAM. Rumah di Dusun Sindangjaya RT 02 RW 13 Desa Cisontrol Kecamatan Rancah terancam tergerus longsor susulan, Minggu (14/4).

CIAMIS – Dua rumah di Kecamatan Rancah dan Panumbangan nyaris terbawa longsor saat hujan deras mengguyur tamah Kabupaten Ciamis. Para penghuni kedua rumah tersebut disarankan untuk mengungsi untuk menghindari longsor susulan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Ani Supiani menjelaskan, hujan deras terjadi sejak Jumat hingga Minggu (12-14/4). Akibatnya longsor terjadi di berbagai kecamatan di Kabupaten Ciamis.

Bencana longsor yang terbaru terjadi di Dusun Sindangjaya RT 02 RW 13 Desa Cisontrol Kecamatan Rancah. Akibat longsor ini rumah milik Eso Karso (45) terancam tergerus. Jarak rumah ke titik longsor pun tinggal satu meter lagi. Adapun kedalaman longsor mencapai lima meter dan empat meter. Kita imbau kepada pemilik rumah untuk waspada dan kita sarankan untuk mengungsi, karena cukup berbahaya bila terjadi hujan lagi,” kata dia kepada Radar, Minggu (14/4).

Sementara itu, longsor di Kecamatan Panumbangan terjadi di Dusun Kaliaren RT 04 RW 02 Desa Banjarangsana. Rumah yang nyaris tergerus adalah milik Endang Endih (46). Tebing sedalam enam meter yang berada di bawah rumah tersebut menutup sawah selebar emat meter. Titik longsor ke rumah tersebut memang agak jauh, namun penghuni rumah harus mewaspadainya. “Kami mengingatkan warga agar bergotong royong untuk menahan tebing dengan material tanah atau batu,” kata Ani. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.