Dua Rumah Rata dengan Tanah

29
0
ROBOH. Satu unit rumah di Dusun Sidamulya RT 09 RW 03 Desa Tambakreja Kecamatan Lakbok roboh akibat lapuk, Rabu (20/3).

CIAMIS – Satu unit rumah di Dusun Sidamulya RT 09 RW 03 Desa Tambakreja Kecamatan Lakbok roboh akibat lapuk. Sedangkan, di Dusun Kaligembor RT 10 RW 09 Desa Natanegara Kecamatan Panawangan, satu rumah terbakar hingga hangus. Beruntung dalam kedua kejadian, Rabu (20/3) itu tidak ada korban jiwa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Ani Supiani menerangkan, rumah yang roboh di Dusun Sidamulya sekitar pukul 16.10 itu milik Lasmanah (68). Penyebabnya, fondasi rumah yang lapuk tak mampu menahan guyuran hujan deras. Untungnya robohnya rumah tersebut tidak membuat pemiliknya kehilangan nyawa. Namun, kerugiannya ditaksir sekitar Rp 20 juta.

Sementara itu, kebakaran rumah Saepudin (50) di Dusun Kaligembor sekitar pukul 07.30 diduga akibat korsleting listrik. “Akibat kejadian itu, kedua rumah rata dengan tanah karena terbakar dan ambruk,” tutur Ani.

BPBD sudah mengecek kondisi kedua rumah itu. Para penghuninya sudah mengungsi ke rumah saudaranya. Para korban juga suda diberi bantuan sembako, selimut dan sebagainya dari BPBD. “Semoga bantuan yang kami berikan bisa bermanfaat dan dipergunakan sebaik-baiknya,” harapnya.

Ani mengimbau masyarakat Kabupaten Ciamis untuk tetap waspada di musim hujan yang disertai angin kencang ini. Bila kondisi rumah sudah lapuk, alangkah baiknya dikosongkan. Begitu juga bila di rumah itu ada kabel-kabel yang sudah tidak layak pakai segeralah diganti. Kabel-kabel yang rusak itu berpotensi menimbulkan korsleting listrik. “Tingkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.