Dua Warga Banjar Masih Tak Punya KTP

10

BANJAR – Dua warga Kecamatan Purwaharja Darwan (59) dan Soleh hingga kini tak mengantongi kartu tanda kependudukan (KTP). Alhasil keduanya tak akan bisa menentukan pilihan dalam Pileg dan Pilpres 2019.

Sebelumnya dalam Pilkada Kota Banjar, dua warga berbeda lingkungan itu juga tak dapat menyalurkan hak pilihnya. “Kami menemukan data bahwa ada warga Purwaharja yang sampai saat ini tidak memiliki KTP itu dari laporan penyelenggara Pemilu PPK dan PPS Kecamatan Purwaharja hasil dari pendataan ulang untuk pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019,” kata Ketua Panwascam Purwaharja Yayat Hidayat Rabu (28/11).

Dua orang itu merupakan penduduk asli Kota Banjar namun saat ditelusuri belum memiliki KTP bahkan e-KTP. “Artinya mereka berdua belum bisa masuk menjadi DPT karena belum pernah melaksanakan perekaman di Disdukcapil,” kata dia.

Menurut Yayat, setiap warga negara yang sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah memiliki hak pilih. Untuk itu pihaknya mendorong kedua orang tersebut bisa melaksanakan hak pilihnya. “Kami meminta kepada penyelenggara pemilu untuk segera berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk memadukan data DPT sehingga tidak ada lagi warga desa yang seharusnya sudah memiliki hak pilih dan masuk dalam DPT, namun belum memiliki indentitas diri,” ujarnya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.