Ducati Siap Cetak Sejarah

8
Andrea Dovisiozo

JAKARTA – Ducati dikabarkan akan memasok empat sepeda motor prototipe untuk gelaran MotoGP 2020. Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti menjelaskan, ekspansi ini diberikan ke empat rider mereka. Sayangnya, Pablo enggan memberikan detail spesifikasi sepeda motor teranyarnya, karena masih dirahasiakan.

Di musim 2019, Ducati memakai Desmodici GP 19 untuk Jack Miller dan Desmodici GP18 yang ditunggangi Fransesco Bagnaia, Andrea Dovisiozo dan Danilo Petruci.

Untuk seri 2020, ke empat rider Ducati akan menunggangi sepeda motor prototipe berbeda satu sama lain. Dilansir dari Crash.net, rider tim satelit Ducati, Pramac Ducati Jack Miller baru saja menandatangani kontrak. Pabrikan Italia itu mengonfirmasi pembalap Australia akan mamakai Desmosedici GP20 di musim depan.

“Tentunya ini loncatan sejarah bagi Ducati karena mengirim empat motor dengan spesifikasi berbeda sekaligus. Saya berharap akan memberikan persaingan utama antara pembalapnya di samping peningkatan pengembangan teknis lainnya,” ujar Pablo.

Disinggung motor terbaru untuk Jack Miller, Pablo menjelaskan upaya itu guna memperluas pengembangan teknologi terbaru di empat motor anyarnya nanti. “Ini nantinya menjadi umpan balik yang lebih besar dan lebih banyak kompetisi di antara rider kami,” jelasnya

Pablo mengaku senang atas berlanjutnya kerja sama Ducati dan Pramac Racing. Ini memungkinkan tim yang didukungnya untuk mengendarai sepeda Desmosedici GP 20.

“Ini akan menjadi pertama kalinya Ducati memiliki empat motor identik di MotoGP, dua untuk tim Mission Winnow Ducati dan dua untuk Pramac Racing,” katanya.

“Upaya luar biasa ini akan membantu kami untuk mengumpulkan dan berbagi lebih banyak informasi dan meningkatkan proses pengembangan, dengan tujuan memperoleh hasil yang lebih baik dan merangsang persaingan yang adil dan positif di antara para rider,” jelasnya.

Dikutip dari laman ofisial MotoGP, Miller lebih memilih untuk tetap berada dalam tim satelit Ducati dan kuda besinya, GP20. Miller bergabung dengan skuad satelit Ducati pada tahun 2018 dari Marc VDS Honda. Ia berhasil meraih posisi pole MotoGP pertamanya dalam race Argentina tahun lalu.

“Saya sangat senang telah mencapai kesepakatan ini, kata Miller. Pramac Racing adalah tim yang membuat saya merasa nyaman sejak awal dan hubungan dengan Ducati sangat dekat,” paparnya

Di sisi lain, lowongan dua tempat di kursi balap MotoGP semakin meramaikan bursa musim depan. Di atas kertas, saat ini, hanya kursi KTM yang ditinggalkan Johann Zarco dan Takaaki Nakagami (LCR Honda) yang masih belum mendapatkan perpanjangan kontrak dari timnya.(fin/tgr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.