Duel Klasik Tanpa Pilar, Barcelona vs Real Madrid

31
0
Lionel Messi

BARCELONA – Liga Spanyol memainkan satu pertandingan akbar di tengah pekan ini. Ya, duel bertajuk El Clasico akan mempertemukan antara dua klub raksasa Spanyol, Barcelona kontra Real Madrid di jornada ke-10 La Liga, dini hari nanti. (Live Bein Sport 1, Pukul 02.00 WIB)

Duel El Clasico jilid pertama musim ini terbilang cukup krusial bagi kedua tim. Sebab, keduanya bakal saling adu kekuatan untuk berebut posisi puncak klasemen sementara La Liga 2019/20.

Dikutip dari soccerway, kini keduanya berada di posisi pertama dan kedua dengan poin sama yakni, 35 dari 16 laga. Barcelona masih menempati posisi puncak lantaran memiliki selisih gol lebih banyak ketimbang Los Blancos. Menariknya, perebutan posisi puncak dalam duel tersebut, keduanya diperkirakan tidak akan diperkuat sejumlah pemain inti.

Seperti Madrid diprediksi tak akan menurunkan sejumlah pemain pilarnya seperti, Marco Asensio, James Rodriguez, Lucas vazquez dan Eden Hazard. Meski Eden Hazard sudah mulai berlatih lagi, namun dipastikan ia tidak bisa dimainkan dalam laga tersebut. James Rodriguez dan Lucas Vazquez juga belum bisa bermain karena cedera. Keduanya baru akan bermain pada awal 2020. Real Madrid juga belum bisa memainkan Marco Asensio yang cedera pada fase pramusim.

Sedangkan, Blaugrana tidak akan diperkuat Ousmane Dembele dan Arthur. Dembele sendiri dipastikan absen karena cedera paha yang didapat usai melawan mantan klubnya Borussia Dortmund di Liga Champions. Sementara, Arthur mengalami cedera otot. Melihat performa, duel ini dipastikan berjalan sengit dan menarik.

Namun, Barcelona pantas sedikit lebih diunggulkan. Selain bermain di depan suporternya sendiri, Blaugrana juga diuntungkan dengan fakta absennya beberapa pemain bintang sang rival. Barcelona memang menunjukkan performa yang luar biasa kala melakoni laga kandang saat berlaga di La Liga. Dalam tujuh pertandingan yang sudah dilalui, Lionel Messi dan kawan-kawan selalu memetik kemenangan.

Tak sekadar menang, Barca juga tampil produktif dengan 30 kali membobol gawang lawan. Namun, sisi pertahanan masih menjadi pekerjaan rumah untuk Ernesto Valverde. Barca sudah kemasukan sebanyak sembilan gol. Baru ada satu clean sheet yang dicatatkan di muka pendukungnya.

Terkait rekor pertemuan di kandang, Barcelona juga tercatat sulit untuk dikalahkan oleh Madrid. Barca sudah tak kalah dalam tiga laga terakhir dengan catatan dua kali imbang dan sekali menang. Sementara dalam lima pertemuan terakhir di semua ajang, Barca menang tiga kali dan imbang dua kali.

Entrenador Real Madrid Zinedine Zidane bisa menjadi faktor x di El Clasico tengah pekan ini. Selama menangani Madrid, ia belum pernah tumbang di kandang Barca. Ada tujuh pertandingan Zidane bersama Madrid di kandang Barca. Hasilnya, ada tiga kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kekalahan yang didapat oleh Madrid asuhan Zidane.

“La Liga dan final Liga Champions tak ada bedanya. Kami ingin memenangi semua laga. Kami pun dedikasi penuh untuk laga ini,” ujar Zidane dilansir dari Marca.

Rekor saat menjalani laga di kandang Barca, Zidane membawa Madrid memetik dua kemenangan dan dua hasil imbang. Madrid bisa membukukan delapan gol ke gawang Barca, juga kebobolan sebanyak lima gol. Madrid juga didukung dengan rekor sip saat tandang di Liga Spanyol sejauh ini.

Dalam delapan pertandingan, El Real memetik empat kemenangan, tiga hasil imbang, dan baru sekali menelan kekalahan. Akan tetapi, di La Liga akhir pekan kemarin, Barcelona dan Madrid sama-sama gagal menang di kandang lawan. Barcelona imbang 2-2 melawan tuan rumah Real Sociedad, sedangkan pasukan Zinedine Zidane seri 1-1 melawan Valencia di Mestalla.

Dilansir AS, tactician Barca Ernesto Valverde mengakui ia belum melihat ada lompatan besar dalam era Zidane saat berhadapan dengannya. Dia pun menganggap El Clasico kali ini akan berbeda dengan musim-musim sebelumnya.

“Mungkin, Real Madrid bukan klub terbaik di La Liga saat ini. Tapi mereka makin meningkat. El Clasico nanti akan sangat rumit,” sebut Txingurri, julukan Valverde. (gie/fin/tgr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.