Dugaan Korupsi Retribusi Situ Lengkong tak Terbukti, Kejari Ciamis Belum Komentar

56
0
Budi Kurnia Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis
Loading...

CIAMIS – Kejaksaan Negeri Ciamis belum memberikan komentar terkait tidak terbuktinya dugaan tindak pidana korupsi retribusi Situ Lengkong yang dilakukan mantan kepala Desa Panjalu.

Namun, sampai Senin (1/2) Kejaksaan Negeri Ciamis belum memberikan tanggapannya atau komentar. Padahal, sebelumnya pihak kejaksaan sudah mengagendakan akan memberikan komentar pada Senin (1/2), namun dibatalkan karena sedang banyak kegiatan.

“Besok saja (hari ini, Red), sekarang (kemarin) sedang banyak acara,” ujar Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis Ahmad Tri Nugraha SH.

Baca juga : Warga Desa Indragiri Ciamis Tanam Pohon di Kawasan Retakan Tanah

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Budi Kurnia enggan menanggapi persoalan hukum dugaan tindak pidana korupsi retribusi Situ Lengkong. “Itu urusanya ranah Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Ciamis,” ujarnya.

loading...

Akan tetapi, kata dia, kalau bicara soal retrebusi Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu, metodenya Dinas Periwisata bekerja sama dengan pihak Desa Panjalu.

“Untuk PAD masuk ke Kabupaten Ciamis, 60 dan 40 persen pembagianya ke desa dan kabupaten. Jadi metodenya tetap melaksanakan yang dulu lagi bagi hasil dengan pihak desa dan Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, PAD Situ Lengkong Panjalu sangat memadai sekali dan berpotensi. Bahakn setiap tahun targetnya bisa mencapai Rp 1 miliar, makanya selalu menjadi prioritas untuk terus dikembangkan.

“Upaya kita saat ini memaksimalkan PAD di Panjalu, karena sebagai target PAD terbesar dari sana,” katanya.

Menurut dia, setelah Pangandaran mekar dan tidak masuk PAD ke Ciamis, Situ Panjalu menjadi salah satu potensi yang bisa menyumbang PAD terbesar dari sekotr pariwisata. Maka dari itu, pihaknya saat ini masih terus menggali potensi pariwisata yang ada di Ciamis. Sehingga peningkatan potensi yang dimiliki akan bisa mendongkrak PAD pariwisata.

“Kami akan mengoptimalkan semua objek wisata di Ciamis, sehingga bisa menambah PAD lebih banyak lagi,” katanya, menargetkan. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.