Dukungan Paslon Perorangan Diverifikasi

229
0
ilustrasi

Pasangan Udan – Dayu AG Malah Mengundurkan Diri
TAROGONG KALER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut memverifikasi fotokopi kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) yang diserahkan tiga pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Garut dari jalur perseorangan. Fotokopi E-KTP tersebut sebagai bukti dukungan untuk pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Garut 2018.
Ketua KPU Garut Hilwan Fanaqi menjelaskan KPU Garut telah menutup waktu penyerahan berkas dukungan pasangan bakal calon bupati/wabup dari jalur perseorangan pada 29 November 2017. Ada tiga pasangan bakal calon yang menyerahkan fotokopi E-KTP sesuai ketentuan jumlah minimum dukungan yakni 117.346 fotokopi E-KTP yang tersebar minimal di 22 kecamatan di Garut.
Dia membeberkan pasangan Soni Sondani – Usep Nurdin memiliki 129.756 dukungan yang tersebar di 41 kecamatan. Pasangan Dedi Supriadi – Muhamad Ali menyerahkan 136.500 dukungan tersebar di 23 kecamatan. Pasangan Suryana – Wiwin Suwindarwati menyerahkan 145.532 dukungan. “Sampai batas akhir pendaftaran sebenarnya ada empat pasangan tetapi yang kami terima sesuai persyaratan hanya tiga pasangan,” ungkap dia kepada wartawan Minggu (3/12).
Satu pasangan bakal calon yakni Udan – Dayu AG mengundurkan diri. Pasangan tersebut menyerahkan berkas pada waktu akhir pendaftaran Rabu tengah malam. Tapi, KPU Garut belum dapat menerima karena ada berkas yang harus dibenahi terlebih dahulu. “Kami dari KPU memberikan waktu untuk membenahi dukungan setiap kecamatan tapi entah apa alasannya yang bersangkutan mengundurkan diri,” papar dia.
Hilwan menambahkan berkas dukungan pasangan perseorangan itu akan dilakukan verifikasi faktual dengan cara menanyakan langsung kepada warga yang terdaftar dalam dukungan tersebut. Dukungan yang akan diverifikasi hanya yang memenuhi syarat jumlah dukungan minimal 117.346 dan harus tersebar di 22 kecamatan dari 42 kecamatan yang ada di Garut.
“Setelah benar datanya itu, maka calon perseorangan ber­hak daftar mengikuti Pilkada Garut,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.