Duta HAM Kota Tasik Ditargetkan Juara

56
0
SEMANGAT. Duta HAM Kota Tasikmalaya semangat untuk mengikuti LCC HAM yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Minggu (8/12). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Duta Hak Asasi Manusia (HAM) Kota Tasikmalaya ditargetkan meraih juara pada Lomba Cerdas Cermat Hak Asasi Manusia (LCC HAM) yang digelar Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Senin (9/12).

Pesertanya berasal dari SMKN 2 Tasikmalaya, SMAN 1 Tasikmalaya dan MA Mu’minin Ma’sum Tasikmalaya. Mereka mengikuti kompetisi ini untuk mewakili Kota Tasikmalaya di ajang nasional.

Plt Asisten Administrasi Pemerintah dan SDM dan Kesra Kota Tasikmalaya H Undang Hendiana mengatakan, sebelumnya pihaknya berhasil mendapatkan penghargaan delapan kelurahan sadar hukum dan meraih penghargaan sebagai anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIH) dengan Layanan Prima.

Selain itu, kata dia, diharapkan siswa dari SMA/SMK/MA yang mengikuti LCC HAM dapat berhasil menjadi juara. Karena ini sebagai ajang pembelajaran serta media bersaing dalam menerangkan pentingnya kesadaran HAM untuk pelajar dan masyarakat.

“Siswa yang mengikuti HAM merupakan sebagai edukasi dan media pembelajaran serta ajang bersaing, sehingga berani tampil untuk menorehkan prestasi,” kata dia kepada Radar, Minggu (8/12).

Lanjut dia, kontingen LCC HAM sudah diberikan motivasi, baik persiapan materi dan latihan-latihan dari guru pembimbing. Dengan begitu, mental menjadi siap dan baik sehingga tidak demam panggung ketika perlombaan berlangsung. “Targetkan menjadi juara, modalnya kesiapan mental dan materi pengetahuan yang baik. Hal ini sudah diberikan oleh guru pembimbingnya masing-masing, semoga berhasil,” harapnya.

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Tasikmalaya Agus Iwan SH MSi menjelaskan, sebagai kota yang sadar hukum dan menjunjung tinggi hukum dirinya mengirimkan duta-duta HAM untuk mengikuti LCC HAM. “Hal ini untuk menjaga kredibilitas dan membawa nama baik Kota Tasikmalaya,” ujarnya.

Agus menambahkan, selain mengikuti LCC HAM, mereka juga menyosialisasikan sepuluh jaminan hak asasi manusia yang tertuang dalam UU dan UUD 1945 yaitu hak untuk hidup, hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan, hak mengembangkan diri, hak memperoleh keadilan, hak atas kebebasan pribadi, hak atas rasa aman, hak atas kesejahteraan, hak turut serta dalam kepemerintahan, hak wanita dan hak anak.

“Dalam rangka Kota Tasikmalaya peduli HAM, jadi kita mengawali mengenalkan siswa sadar hukum untuk mengamalkan sepuluh hak dasar ini melalui duta HAM,” katanya.

Perlombaan ini, kata dia, merupakan bagian dari pendidikan berjenjang dalam membantu masyarakat memahami tentang sepuluh hak dasar HAM. Sehingga mereka bisa lebih sadar dan memahami soal HAM dan menyosialisasikannya kepada keluarga, sekolah dan masyarakat. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.