Efek Bencana,Wisatawan Menurun

74
0
KURANG RAMAI. Kunjungan wisatawan ke objek wisata Darajat Pass di Kabupaten Garut mengalami penurunan di awal tahun 2020 Minggu (5/1). Yana Taryana/ Rakyat Garut

PASIRWANGI – Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Garut di awal tahun 2020 mengalami penurunan. Hal itu terjadi,  selain adanya bencana juga waktu libur yang tidak panjang.

Penurunan kunjungan wisatawan ini dirasakan oleh Direktur PT Asri Indah Lestari atau pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan, Tri Persada.

Menurut Tri, di awal tahun ini kunjungan wisata mengalami penurunan yang cukup besar. Penurun kunjungan ini banyak dipengaruhi berbagai faktor salah satunya bencana, selain  pembangunan infrastruktur yang sudah merata di Indonesia membuat orang gampang memilih tempat wisata.  “Di sini kami turunnya mencapai 7 persen dari awal tahun lalu. Sangat terasa dampaknya,” terangnya kepada wartawan, Minggu (5/1).

Tri menjelaskan selain masalah infrastruktur,  jadwal libur kerja sangat pendek,  membuat masyarakat enggan ke luar kota untuk merayakan pergantian tahun ataupun menghabiskan akhir libur sekolah bersama anak-anaknya.  “Ini jadi tantangan buat kita sebagai pengelola tempat wisata,” terangnya.

Hal senada dikatakan,  pengelola Darajat Pass,  Dani. Menurut dia, untuk musim libur akhir tahun ini,  memang ada penurunan dibandingkan tahun lalu.  Hal itu karena adanya bencana banjir yang terjadi di ibu kota Jakarta.

“Bukan di sini saja yang turun,  tetapi semua objek wisata khususnya Garut mengalami penurunan kunjungan. Bahkan cakupan nasional juga turun, “ terangnya.

Dia menerangkan penurunan kunjungan ini, terlihat pada malam tahun baru. Biasanya objek wisata Darajat tidak sepi sampai tengah malam,  tetapi tahun ini keramaian itu tidak tampak terjadi.  “Tahun ini, jam 22.00 juga sudah sepi.  Beda dengan tahun lalu, “ terangnya.

Menurut dia,  biasa di penghujung liburan sekolah  kunjungan wisatawan naik.  Tetapi tahun ini tidak terasa, kunjungan wisatawan tidak sebanyak tahun lalu. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.